DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Efikasi diri dan Hasil Belajar terhadap Minat Mahasiswa Membuka Usaha Melalui Motivasi Berwirausaha di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. (Tesis)

Armiati Armiati

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menguji model mediasi pengaruh efikasi diri dan hasil belajar terhadap minat membuka usaha melalui motivasi berwirausaha. Model mediasi yang digunakan berpijak pada argumen teori yang menyatakan bahwa efikasi diri dapat mempengaruhi minat seseorang melalui suatu kondisi lainnya dan hasil belajar yang diperoleh seseorang dimungkinkan mempengaruhi minatnya dalam belajar secara tidak langsung (Bandura, 2007 dan Prayitno, 1989).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi UNP yang terdaftar pada semester Juli-Desember 2009 dan telah mengikuti mata kuliah kewirausahaan. Penarikan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Untuk proses pengumpulan data digunakan metode angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis jalur.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP, (2) hasil belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP, (3) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membuka usaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP, (4) hasil belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap minat membuka usaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP, (5) motivasi berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membuka usaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FE Universitas Negeri Padang, (6) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membuka usaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP melalui variabel motivasi berwirausaha, dan (7) hasil belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap minat membuka usaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP melalui variabel motivasi berwirausaha.

Temuan penelitian ini mengimplikasikan bahwa apa yang diindikasikan oleh teori yang memprediksi bahwa hasil belajar dan efikasi diri diduga berpengaruh terhadap minat membuka usaha melalui motivasi berwirausaha sepenuhnya tidak berlaku di lingkungan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP. Sesuai dengan hasil penelitian ini ternyata efikasi diri yang merupakan bagian dari output mata kuliah kewirausahaan berpengaruh langsung terhadap peningkatan minat mahasiswa dalam membuka usaha. Hasil penelitian ini sekaligus juga memperkuat penelitian terdahulu yang telah menguji pengaruh langsung efikasi diri terhadap minat.

Bertitik tolak dari temuan penelitian ini, dapat disarankan bahwa upaya untuk menumbuhkan minat berwirausaha para mahasiswa dapat dilakukan dengan meningkatkan efikasi dirinya. Agar hal ini dapat terwujud maka diperlukan rancangan kurikulum mata kuliah kewirausahaan yang dapat membentuk dan meningkatkan efikasi diri mahasiswa karena hal ini akan berdampak pada peningkatan minat mahasiswa dalam membuka usaha.
Abstract:

The objective of the research is to test the mediation model of self efficacy and the result of learning effect towards the interest to make business through entrepreneurial motivation. Mediation model used based on the theoretical argument which suggest that self Efficacy may affect one's interest through the other condition and the result of learning gained by a person probably affect the interest of that person in learning indirectly (Bandura, 2007 and Prayitno, 1989)

            The research employed quantitative approach. The population of the research was all of students in Economic Education Study Program of State University of Padang (UNP) that were registered in semester of July-December 2009 and have taken entrepreneurship course. Sample involved in the research used proportional random sampling. The data collection conducted using were inquiry method and documentation while path analysis is employed to analyze the data.

            The finding of the research indicates that (1) self-efficacy positively affects the entrepreneurial motivation of students in Economic Education Study Program of Economic Faculty UNP, (2) The result of learning does not affect significantly entrepreneurial motivation of students, (3) self-efficacy positively affects the students interest in making business, (4) the result of learning does not affect significantly the students interest in making business, (5) the entrepreneurial motivation positively affects to the students interest in making business (6) self-efficacy positively affects to the students interest in making business through entrepreneurial motivation variable, and (7) The result of learning does not affect significantly to the students interest in making business through entrepreneurial motivation variable.

            The finding of the research implicates that what has been indicated by a theory that predicts the result of learning and self-efficacy that is assumed to affect the interest to make business through entrepreneurial motivation does not prevail completely for the area student of Economic Education Study Program of Economic Faculty UNP. Based on the result of the research, self-efficacy that is a part of output of entrepreneurship course affects directly and positively to the interest to make business. The result of the research also consolidates the previous research that had tested the direct effect of self-efficacy towards interest.

            Based on the finding of the research, it is suggested that efforts to improve the entrepreneurial interest of students can be conducted by improving their self- efficacy. This will need curriculum design of entrepreneurship course that can create or improve the student self-efficacy since it will have effect to the improvement of entrepreneurial interest in making business.