DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengujian tentang Pengaruh Kualitas Layanan Akademik terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang dengan Motivasi Belajar sebagai Intervening Variable. (Tesis)

Tri Kurniawati

Abstrak


Penyertaan pendidikan dalam usaha pembangunan merupakan salah satu langkah yang strategis. Berdasarkan klasifikasi Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organisastion - WTO) sesuai dengan GATS/WTO- Central Product Classification/MTN.GNS/W/120 pendidikan juga diklasifikasikan sebagai salah satu bentuk bisnis jasa. Perguruan tinggi merupakan salah satu penyedia jasa pendidikan ini. Secara umum, tujuan penyelenggaraan pendidikan termasuk di perguruan tinggi adalah terciptanya sumberdaya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Semua tujuan tersebut akan terakumulasi melalui proses belajar. Outputnya adalah kemampuan peserta didik yang tergambar melalui prestasi belajarnya. Prestasi belajar ini dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Salah satu faktor eksternalnya adalah kualitas layanan akademik dengan dimensinya berupa tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Kajian tentang kualitas layanan akademik juga menjadi hal yang bertambah penting karena sebagai penyedia jasa tentunya isu kualitas tidak ada salahnya disandingkan dengan perguruan tinggi Sementara itu, hasil penelitian terdahulu memperlihatkan adanya inkonsistensi temuan tentang pengaruh kualitas layanan akademik terhadap prestasi belajar. Untuk itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan central issue bahwa inkonsistensi temuan-temuan sebelumnya mungkin diakibatkan oleh adanya pengaruh tidak langsung atau pengaruh yang dimediasi oleh faktor lain. Salah satu faktor yang memediasi tersebut adalah motivasi belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh kualitas layanan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UNP, dan (2) pengaruh tidak langsung kualitas layanan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UNP melalui variabel motivasi belajar.

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan hubungan antar variabel yang bersifat kausal serta diskemakan berdasarkan analisis jalur. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang dengan sampel sebanyak 94 orang. Sampel dipilih dengan mempergunakan teknik proportional random sampling untuk setiap angkatan/tahun masuk. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa angket dan teknik dokumentasi untuk variabel prestasi belajar mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur .

Hasil penelitian dapat dipaparkan secara singkat sebagai berikut. 1) Kualitas layanan akademik yang dirasakan mahasiswa tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajarnya. Ini berarti bahwa kualitas layanan akademik yang dirasakan oleh mahasiswa tidak secara langsung dapat mempengaruhi dan menentukan prestasi belajar yang dicapainya. 2) Kualitas layanan akademik mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa secara positif dan signifikan. Motivasi belajar juga mempengaruhi prestasi belajar secara positif dan signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas layanan akademik yang diterima dan dirasakan oleh mahasiswa akan mempengaruhi prestasi belajar melalui motivasi belajarnya. Mahasiswa akan semakin termotivasi untuk belajar jika mereka menerima layanan akademik yang berkualitas dan begitupun sebaliknya. Peningkatan motivasi belajar mahasiswa karena layanan akademik berkualitas yang mereka terima, akan mendorong pencapaian prestasi belajar yang baik pula.

Terkait dengan hasil penelitian ini maka disarankan agar: (1) perbaikan kualitas layanan akademik hendaknya diarahkan untuk mendorong termotivasinya mahasiswa untuk belajar, (2) Prodi Pendidikan Ekonomi UNP senantiasa melibatkan mahasiswa dalam penilaian kualitas layanan akademiknya, (3) Prodi Pendidikan Ekonomi perlu memperbaiki kualitas layanan akademik berupa: penambahan jumlah ruangan perkuliahan agar sesuai dengan jumlah mahasiswa yang ada, menyederhanakan prosedur layanan akademik dan diinformasikan secara jelas kepada mahasiswa, dan meningkatkan kemampuan staf di Prodi Pendidikan Ekonomi UNP untuk dapat memberikan layanan akademik kepada mahasiswa dengan cepat dan tanggap.

Implikasinya, secara teoritis temuan penelitian ini memperkuat penjelasan dan pendapat bahwa faktor lingkungan sekolah termasuk kualitas layanan akademik mempengaruhi prestasi belajar secara tidak langsung atau dimediasi oleh faktor lain, dan faktor yang memediasi tersebut adalah motivasi belajar. Selain itu, hasil penelitian ini juga memberikan implikasi praktis. Upaya perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas layanan akademik guna meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, hendaklah mengarah pada pemberian layanan akademik yang mampu memotivasi mahasiswa untuk belajar.
Abstract:

Participation of education in the development is one of strategic steps. Based on the classification of World Trade Organization appropriate with GATS/WTO (Central Product Classification/MTN.GNS/W/120) education is also classified as one of the service businesses. Institute of higher education is one of these educational service providers. Generally, the aim of education including in the institute of higher education is to create qualified and competitive human resources. All of the aims are accumulated in the learning process. The output is the students' ability which is reflected in their learning achievement. This learning achievement is influenced by external and internal factors. One of the external factors is academic service quality in which its dimensions are tangibility, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. Study on academic service quality also becomes more important because, as a service provider, quality issue is unmistakably correlated with institutes of higher education. Meanwhile, results of previous researches showed inconsistency of findings about the influence of academic service quality on learning achievement. Therefore, the researcher was interested in conducting further research whose central issue was that inconsistency of the previous findings was probably caused by indirect influence or influence mediated by other factors. One of the mediating factors is learning motivation.

This reserach aimed to explain: (1) influence of academic service quality on the students' learning achievements in the Economic Education Study Program of Padang State University, and (2) indirect influence of academic service quality on the students' learning achievements in the Economic Education Study Program of Padang State University mediated by the learning motivation.

This research was designed by using quantitative approach and relationship of inter-variable that was causal and schemed based on path analysis. The research was conducted in the Economic Education Study Program of Padang State University, and its sample was 94 students. The sample was chosen by using technique of proportional sampling for each academic year. The data were collected by using instruments such as questionnaire and documentation technique for students' learning achievements variable. Technique of data analysis used was path analysis.

The research results can be explained briefly as the following. (1) Academic service quality felt by the students do not have significant influence on their learning achievement. It meant that academic service quality felt by the students could indirectly influence and determine their learning achievements. (2) Academic service quality positively and significantly influences the students' learning motivation. Learning motivation also positively and significantly influences learning achievement. These show that academic service quality accepted and felt by the students would influence their learning achievement through their learning motivation. The students would be motivated much more to study if they got good academic service and vise versa. The increase of the students' learning motivation due to the good quality of academic service they got would also motivate good learning achievement.

In accordance with these research results, it is suggested that: (1) the improvement of academic service quality should be aimed to motivate the students in studying, (2) Economic Education Study Program of Padang State University always involves students in the assessment of its academic service quality, (3) Economic Education Study Program needs to improve its academic service quality by doing the followings: adding the number of classrooms so that it is appropriate with the number of students, simplifying procedure of academic service and informing it clearly to the students, and increasing the capability of the staffs in Economic Education Study Program of Padang State University in order to give academic service to the students quickly and perceptively.

Its implication is that these research results theoritically strengthen the explanation and suggestion that factor of school environment, including academic service quality, influence learning achievement indirectly or through another meadiating factor, and the factor is learning motivation. Besides that, these research results also give practical implication. The efforts of the institute of higher education in improving the academic service quality in order to increase the students' learning achievement should be aimed at giving academic service that can motivate the students to study.