DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Program Linier di Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Singosari. (Tesis)

Miswanto Miswanto

Abstrak


Program linier mempunyai peranan yang penting dalam bidang matematika dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, pemahaman terhadap program linier perlu ditekankan pada siswa sejak dini. Meskipun demikian, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap program linier masih rendah. Siswa cenderung menghafal aturan-aturan yang ada dalam program linier. Siswa tidak diberi kesempatan untuk memahami lebih jauh mengenai materi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan usaha yang serius dalam memberikan pemahaman siswa terhadap program linier dengan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh rancangan pembelajaran yang dapat memahamkan siswa kelas XOTR SMK Negeri 1 Singosari tentang program linier dengan diterapkan pembelajaran berbasis proyek.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XOTR SMK Negeri 1 Singosari. Untuk mendapatkan informasi dari siswa mengenai penerapan pembelajaran yang dilaksanakan maka dipilih 4 subjek wawancara yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan rendah, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan tinggi. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan hasil tes awal dan pertimbangan bahwa siswa-siswa tersebut mudah diajak komunikasi.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran berbasis proyek yang dapat memberikan pemahaman kepada siswa kelas XOTR SMK Negeri 1 Singosari mengenai materi program linier terbagi dalam tiga tahap pembelajaran, yaitu (1) tahap awal meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi siswa tentang pentingnya program linier, mengingatkan kembali materi prasyarat, pembentukan kelompok, dan pemberian lembar kerja proyek, (2) tahap inti meliputi pengerjaan proyek oleh setiap kelompok dan presentasi hasil kerja proyek, (3) tahap akhir meliputi membuat kesimpulan dan evaluasi. Hasil belajar siswa dalam penelitian ini sudah cukup baik pada konsep program linier melalui model pembelajaran berbasis proyek. Hal ini dapat dilihat bahwa hasil uji kompetensi diperoleh skor rata-rata 67% dan hasil cek pemahaman yang di lakukan dengan cara bertanya secara lisan kepada para peserta didik sudah cukup baik.

Berdasarkan penelitian ini, disarankan agar peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan pada sekolah yang lain, sehingga akan diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai efektifitas pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek untuk materi program linier dan bagi guru yang ingin menerapkan model pembelajaran berbasis proyek, hendaknya memberikan bimbingan kepada siswa secara efektif sehingga kreatifitas siswa tetap ada.
Abstract:

Linear program has an important role in mathematics and is widely used in everyday life. Therefore, understanding the linear program needs to be stressed to the students since. Thus, the reality on the ground indicate that students' understanding of linear programming is still low. Students tend to memorize the rules that exist in a linear program. Students are not given the opportunity to understand more about such material. Therefore, serious efforts are needed to provide students' understanding of linear programs with project based learning model. This study aimed to obtain the learning design that can XOTR grade students of SMK Negeri 1 Singosari about linear program with project-based learning applied.

This study uses a qualitative approach with the design of classroom action research. Research conducted on students of XOTR SMK Negeri 1 Singosari. To get information from students regarding the application of learning conducted the interview subjects were chosen, four consisting of a low ability students, two students with moderate, and a highly capable students. The selection interview subjects based on the results of initial tests and the consideration that students are easy to communication.

The result showed that the project-based learning model that can provide insight to students of XOTR class SMK Negeri 1 Singosari about linear program material is divided into three stages of learning, namely (1) include the express purpose of the early stages of learning, motivate students about the importance of linear programming, reminding return the material preconditions, the formation of groups, and provision of project worksheets, (2) covers the core stage of the project by each group and the presentation of project work, (3) final stage includes a conclusion and evaluation. Student learning outcomes in this study is good enough on the concept of linear programming through project-based learning model. It can be seen that the results obtained competency test score average of 67% and the results of checks on the understanding that to do with the way asked verbally to the learners is good enough.

Based on this research, it is suggested that other interested researchers conduct similar studies should be done at other schools, so that will be described further on the effectiveness of learning with project-based learning model for linear programs and materials for teachers who want to implement project-based learning model, should provide guidance to students effectively so that student creativity is still there.