DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

2018. Analisis Buku Teks Bahasa Arab K-13 Tingkat MTs yang Diterbitkanoleh Kementrian Agama RI. Program Studi Keguruan Bahasa Arab, Pascasarjana

Umi Fadhilah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fadhilah, Umi. 2018. Analisis Buku Teks Bahasa Arab K-13 Tingkat MTs yang Diterbitkanoleh Kementrian Agama RI. Program Studi Keguruan Bahasa Arab, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Drs. Muhaiban, (2) Dr. Hanik Mahliatus sikah, M Hum.

 

Kata kunci: Buku Teks, Desain Buku Teks, Teknik Pembelajaran, Kebahasaan Buku Teks, Pengajaran Kosa Kata, Pengajaran Nahwu

Berdasarkan hasil TIMSS dan PISA tahun 2000-2012, kondisi pendidikan di Indonesia mengkhawatirkan, karena menempati posisi yang terbelakang di dunia. Kondisi inilah yang memicu adanya perubahan kurikulum sehingga ikut tersebar pula buku teks dengan mengikuti kurikulum yang baru ini, diantaranya yaitu buku teks Bahasa Arab K-13 tingkat MTs terbitan Kementrian Agama RI tahun 2014. Oleh karena itu, Peneliti memandang bahwa analisis buku ini merupakan hal yang penting.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian isi dan desain buku teks bahasa Arab berbasis K13cetakan pertama tahun 2014 kelas 1 MTs yang diterbitkan oleh Kementrian Agama RIdengan asas-asas penyiapan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi. Proseduranalisis data menggunakan teknik interaktif Miles & Huberman, selanjutnya dilakukan pengecekan keabsahan data dengan carapersistent observation, triangulasi dan berdiskusi dengan dosen pembimbing serta teman sejawat.Peneliti kemudian memverifikasi ulang semua proses sebelumnya untuk memperoleh hasil analisis dan kesimpulan yang meyakinkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: (1) Unsur – unsur isi di dalam buku teks yang sesuai dengan asas persiapan bahan ajar yaitu dari segi pembelajaran nahwu.Adapun unsur-unsur lainnya seperti teknik pembelajaran, kebahasaan, ketrampilan-ketrampilan cabang, dan pembelajaran kosakata masih ditemukan kekurangan. (2) Unsur desain dalam buku teks yang sesuai dengan kriteria persiapan bahan ajar yaitu identitas kitab dan daftar isiyang didalamnya terdapat sub-sub judul. Adapun unsur desain yang lain seperti dari sisi cetakan buku, kesalahan ketik, pendahuluan buku teks dan gambar masih ditemukan kekurangan.