DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Model Pengembangan Pendidikan Homeschooling, Studi Kasus Pada Asosiasi Sekolah Dolan dan Keluarga penyelenggara Homeschooling di Vila Bukit Tidar Kota Malang Jawa Timur. (Tesis)

Julianus Lokollo

Abstrak


 Homeschooling adalah program pendidikan yang diselenggarakan oleh keluarga untuk anggota keluarganya yang masih usia sekolah, dengan memilh model kurikulum yang sesuai dengan gaya belajar anak. Perkembangan belajar pun memegang peranan penting dalam memberikan gairah dan semangat belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1. Bagaimana pengembangan atau jenis homeschooling dalam meningkatkan proses belajar anak ?, 2. Apakah faktor penunjang pada pengembangan atau model homeschooling dalam meningkatkan proses belajar anak ? 3. Apakah faktor penghambat pada pengembangan dan model homeschooling dalam meningkatkan proses belajar anak ? 4. Bagaimanakah upaya untuk mengatasi hambatan pada pengembangan model homeschooling dalam meningkatkan proses belajar anak?.

 Tujuannya adalah untuk: 1. Mengetahui lebih dalam tentang pengembangan atau model homeschooling dalam meningkatkan proses belajar anak, 2. Mengetahui lebih dalam tentang tentang faktor penunjang pada pengembangan atau model homeschooling dalam meningkatkan proses belajar anak. 3. Mengetahui lebih dalam tentang faktor penghambat pada pengembangan atau model homeschooling dalam meningkatkan prosesa belajar anak. 4. Mengetahui upaya untuk mengatasi hambatan pada model pengembangan homeschooling dalam meningkatkan proses belajar anak.

 Penelitian ini diselenggarakan dengan menggunakan metode kualitatif dan mengambil bentuk studi kasus. Data diperoleh dari Asosiasi Sekolah Dolan dan keluarga homeschooling di vila bukit Tidar kota Malang. Pengumpulan data dengan metode wawancara , observasi, dan dokumentasi / record. Instrumennya yaitu penelitian sendiri dan pedoman pengumpulan data keabsahan data dengan perpanjangan keikut sertaan peneliti, dan ketekunan pengalaman . Analisis data dalam penelitian ini berproses secara induksi- interpretasi konseptualisasi . . Hasil penelitian mengungkapkan bahwa asosiasi sekolah Dolan dan keluarga homeschooler telah mengembangkan model homeschool Montessori ( unit pembelajaran /unit studies ), Model homeschooling Charlotte Mason, dan homeschooling komunitas tanpa melupakan minat dan kebutuhan anak seusianya, sehingga anak pun dapat suatu proses belajar yang sesuai dengan perkembangannya.

 Adapun faktor penunjang : Fasilitas belajar mengajar yang lebih baik dan ruang gerak sosialisasi anak semakin luas, Adanya kebutuhan yang sama antara orarang tua ( pengajar) dan anak untuk membuat struktur yang lebih lengkap dalam menyelenggarakan aktivitas pendidikan, orang tua ( pengajar ) akan lebih banyak mendapatkan dukungan karena masing-masing dapat mengambil tanggung jawab dalam skala yang lebih besar, anak bisa belajar dari sumber maupun yang dapat dipelajari. Faktor penghambat : Memerlukan kerjasama dan fleksibilitas untuk menyesuaikan jadwal, suasana, dan fasilitasnya, anak dengan keahlian/ berkebutuhan khusus harus bisa menyesuaikan dengan lingkungan dan menerima perbedaan lainnya sebagai proses pembentukan jati diri, anggapan sepele dari masyarakat . Upaya mengatasi hanbatan : Memberikan fasilitas sebagai penunjang belajar anak, melakukan kreasi baru untuk membangkitkan semangat dan pengembangan proses belajar anak, Memperhatikan faktor internal dan eksternal, dengan tetap bangkitkan metode belajar anak tanpa terganggu dengan status pilihan belajarnya.

Abstract:

Homeschooling is an education process governed bay a certain family for its own member(s) who is/are still on the age of school students by selecting the model curriculum whit is the most appropriate to the children style of learning.

Therefore, learning motivation play a key role in providing rigorous spirit and willingness of the children to do study. The problems of this study ar :1.How does the implementation of homeschooling model in improving children motivation of learning?, 2. What are factors the support the implementation of homeschooling in imptoving children motivation of learning?, 3. What are the factors that hampering the implementation of homeschooling model in improving children motivation of learning?, 4.What are the effort that solve the obstacles in implementation homeschooling model which improves children's motivation of learning?. The objectives of the research are :1. Digging more information about the real implementatio nof home schooling model in order to upgrade the children learning motivation. 2.Digging deeper knowledge about the supporting factor on the implementation of homeshooling model in order to upgrade the children learning motivation. 3. Digging deeper knowledge about the hampering factor on the implementation of homeschooling model in order to upgrade the children learning motivation. 4. Knowing the efforts to solve the problems in the implementation of homeschooling model order to upgrade the children learning motivation.

 The research applies descriptive-qualitative method, by taking three subjects in the form of a cace study. The elaborated data are obtained from Asah-Pena and two families of home schooler in Malang. The data are collected by interview, observation, and documentation/record method. The instrument is the researcher herself together with the data collection guide. The validity of the data is guaranteed by the elongation of the researcher participation, and the meticulousness observation of the researcher. The data analysis applied in the research processes inductively-interpretively-conceptually.

The result of the research reveals that Asah-Pena and both of the homeschooler families have implementation The Montessori Home School model (studies unit), The Mason Charlotte Home School Model, and the Home Schooling Community evoid of the

children need and interest overlooking, so children are motivation to learn. The supporting factors : better teaching and learning resources and larger children socialization space, equal needs between the children and their parents (their teachers) to contruct the more complete structure in administering teaching and learning activities. The parents (the teachers) Will also get higher supports since each of them is able to take Wder scope responsibility. Moreover, the children are able to get knowledge from any sources which are tangible to study. The hampering factors : the system needs good cooperation and healthy flexibility to match both sides schedule; situation; and the available facilities, the children with abnormal needs and skills must be able to adjust with the environment and accepting other forms of special treatments as the process of personality forging. Besides there are underestimate treatments from the surrounding society. The attempts to work out the problems : providing proper facilities as the supporting study of the children, creating something new to raise the spirit and the motivation of the children, considering both the external and the internal factors and keep raising the children learning motivation without destructed by the status of his/her learning options.