DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dampak faktor latar belakang pendidikan, pengalaman pelatihan, beban kerja, pengalaman mengajar, dan kemampuan kognitif guru terhadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Aceh Besar. (Tesis)

Amir Hamzah

Abstrak


Upaya meningkatkan kualitas dan keprofesionalan guru, merupakan sebuah keharusan bagi setiap guru seiring dengan perubahan kurikulum yang mensyaratkan siswa menjadi subyek aktif dalam sebuah proses pembelajaran. Keprofesionalan guru tentang laboratorium menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan. Permasalahan yang sedang dihadapi di Aceh Besar sekarang ini adalah kurang memadainya per- alatan laboratorium serta rendahnya sumberdaya manusia khususnya guru. Keadaan tersebut, menyebabkan pelaksanaan pembelajaran di sekolah kurang efektif. Ke- kurangefektifan pelaksanaan pembelajaran berakibat menurunnya kualitas pendidi- kan. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah sebagai beri- kut: (1) Adakah dampak faktor latar belakang pendidikan, pengalaman pelatihan, beban kerja, pengalaman mengajar, dan kemampuan kognitif guru secara bersama-sama terhadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium pada SMA di Kabupaten Aceh Besar? (2) Manakah dari dampak faktor latar belakang pendidikan, pengalaman pelatihan, beban kerja, pengalaman mengajar, dan kemampuan kognitif guru yang paling berdampak terhadap keprofesionalan guru biologi tentang labora- torium pada SMA di Kabupaten Aceh Besar?

Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional kausal dengan mengguna- kan pendekatan Ex post facto. Variabel bebas yang dilibatkan dalam penelitian ini meliputi latar Belakang Pendidikan Guru Biologi, Pengalaman Pelatihan, Beban Kerja, Pengalaman Mengajar, dan Kemampuan Kognitif Guru Biologi tentang Labo- ratorium, sedangkan Keprofesionalan Guru Biologi tentang Laboratorium sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru PNS yang mengajar biologi. Responden berjumlah 54 orang dan SMA Negeri yang terdapat di Aceh Besar sebanyak 19 sekolah. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian adalah berupa tes dan angket. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu penyebaran angket latar belakang pendidikan guru biologi, pengalaman pelatihan, beban kerja, dan pengalaman mengajar, tes kemampuan kognitif tentang labora- torium, penyebaran angket keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium, tes penguasaan landasan pendidikan, tes penguasaan bahan pembelajaran, dan tes pelaksanaan program pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda, dengan taraf signifikansi p= 0,05.

Hasil analisis regresi ganda terungkap bahwa lima variabel bebas (latar belakang pendidikan, pengalaman pelatihan, beban kerja, pengalaman mengajar, dan kemampuan kognitif guru) tersebut secara bersama-sama mempunyai dampak yang cukup dan sangat signifikan terhadap keprofesionalan guru biologi tentang labora- torium (R= 0,66; p= 0,000). Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada dampak latar belakang pendidikan, pengalaman pelatihan, beban kerja, pengalaman mengajar, dan kemampuan kognitif guru secara bersama-sama terhadap keprofesi- onalan guru biologi tentang laboratorium diterima. Terungkap bahwa besarnya dampak 5 variabel bebas (latar belakang pendidikan, pengalaman pelatihan, beban kerja, pengalaman mengajar, dan kemampuan kognitif guru) tersebut berdampak sebesar 43,60% terhadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium. Hal ini dapat dilihat dari koefisien determinasi (R square) yaitu sebesar 0,44. Dengan demikian, faktor lain yang juga ikut berdampak terhadap keprofesionalan guru tentang laboratorium masih sebesar 56,40%. Hasil uji lanjut dengan metode stepwise terungkap bahwa 2 variabel bebas (latar belakang pendidikan dan kemampuan kognitif guru) tersebut secara bersama-sama mempunyai dampak yang cukup dan sangat signifikan terhadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium (R= 0,63; p= 0,000). Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada dampak latar belakang pendidikan dan kemampuan kognitif guru secara bersama-sama terhadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium diterima. Terungkap bahwa besarnya dampak 2 variabel bebas (latar belakang pendidikan dan kemampuan kognitif guru) tersebut berdampak sebesar 40,00% terhadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium. Hal ini dapat dilihat dari koefisien determinasi (R square) yaitu sebesar 0,40. Dengan demikian, faktor lain yang juga ikut berdampak terhadap keprofesionalan guru tentang laboratorium masih sebesar 60,00%. Sum- bangan efektif masing-masing variabel bebas yang berpengaruh secara signifikan yaitu kemampuan kognitif guru biologi tentang laboratorium menunjukkan sumbang- an efektif yang paling besar yaitu sebesar 20,70%, sedangkan variabel latar belakang pendidikan sebesar 4,30%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada dampak yang cukup dan sangat signifikan faktor latar belakang pendidikan, pengalaman pelatihan, beban kerja, pengalaman mengajar, dan kemampuan kognitif guru secara bersama-sama terhadap keprofesionalan guru biologi tentang labora- torium pada SMA di Kabupaten Aceh Besar. (2) Dampak yang paling efektif ter-hadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium pada SMA di Kabupaten Aceh Besar adalah kemampuan kognitif guru. Bagi pemerintah daerah kabupaten Aceh Besar agar lebih meningkatkan lagi proses penyekolahan guru ke tingkat yang lebih tinggi, agar mutu pendidikan dapat ditingkatkan. Kepada penyelenggara pen- didikan agar dapat lebih meningkatkan kuantitas dan kualitas pelatihan labora- torium, agar para guru dapat lebih meningkatkan kompetensinya tentang laboratori- um. Kualitas model pelatihan laboratorium hendaknya merujuk pada kurikulum yang ada di sekolah, sehingga para guru dapat langsung mempraktekannya disekolah. Kepada para guru agar tidak hanya mengejar target kognitif, tetapi hendaknya juga memperhatikan kompetensi psikomotor siswa, dengan memanfaatkan fasilitas labora- torium, sehingga dapat memenuhi jumlah jam minimal yang ditetapkan yaitu 24 jam. Pengalaman yang diperoleh seseorang selama melaksanakan tugas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kerjanya.

Abstract:

The effort in improving teachers' quality and professionalism is a must for every teacher in line with the curriculum change that requires students to become active participants in a learning process. Teachers' professionalism about the laboratory is one of the important things being concerned with. The problems being faced by Aceh Besar at present are lack of sufficient laboratory equipments and low quality of human resources particularly teachers. This condition causes ineffective learning at school. It will result in low quality of education. The problems proposed at the present research are as follow: (1) Is there an effect of factors on educational background, training experience, working load, teaching experience, and teacher's cognitive competence toward the professionalism of senior high school biology teachers about the laboratory in the district of Aceh Besar? (2) Which one of the factors on educational background, training experience, working load, teaching experience, and teacher's cognitive competence has the most significant effect toward the professionalism of senior high school biology teachers about the laboratory in the district of Aceh Besar?

This research is causal correlation using Ex post facto approach. The independent variables in this research consist of biology teacher, training experience, working load, teaching experience, and teacher's cognitive competence about laboratory while the dependent variable is biology teacher's professionalism about laboratory. The population of the research is all teachers of civil servant who teach biology. The respondents are 54 people from 19 public senor high schools in the district of Aceh Besar. The instruments used to obtain the data in this research for both the independent and dependent variables are test and questionnaire. The collection of the data in this research was carried out by distributing questionnaires about teachers' educational background, training experience, working load of biology teachers, teaching experience of biology teachers, cognitive competence test about laboratory, the professionalism of biology teachers about laboratory, test on mastery of educational philosophy, test on subject matter, and test on the implementation of learning program. The data analysis uses double regression with the significant level of p = 0,05.

The result of double regression analysis indicates that the 5 independent variables (educational background, training experience, working load, teaching experience, and teacher's cognitive competence) simultaneously have a significant effect toward the professionalism of senior high school biology teachers about the laboratory (R= 0,66; p= 0,000). Thus, the hypothesis stating that there is an effect of educational background, training experience, working load, teaching experience, and teacher's cognitive competence simultaneously toward the professionalism of biology teachers about the laboratory can be accepted. It shows that the five independent variables (educational background, training experience, working load, teaching experience, and teacher's cognitive competence) have an effect of 43,60 % toward the professionalism of biology teachers about the laboratory. It can be seen from the determination coefficient (R square) of 0, 44. Therefore other factor which also has an effect toward the professionalism of biology teachers is still 56, 40%. The result of further test using stepwise method shows that 2 independent variables (educational background and teacher's cognitive competence) all together have very significant effect toward the professionalism of biology teachers about the laboratory (R= 0,63; p= 0,000). Thus, the hypothesis stating that there is an effect of educational background and teacher's cognitive competence can be accepted. It shows that the two independent variables (educational background and teacher's cognitive competence) have an effect of 40,00% toward the professionalism of biology teachers about the laboratory. It can be seen from the determination coefficient of 0,40. Thus, other factors that have an effect toward the professionalism of biology teachers about the laboratory is 60, 00%. The effective contribution of each independent variable which has significant effect is biology teacher's cognitive competence about the laboratory reaches 20, 70%, while the variable of educational background reaches 4,30%.

Based on the result of the research, it can be concluded as follows: (1) There is a sufficient and very significant effect of factors on educational background, training experience, working load, teaching experience, and teacher's cognitive competence toward the professionalism of senior high school biology teachers about the laboratory in the district of Aceh Besar, (2) The most significant effect toward the professionalism of senior high school biology teachers about the laboratory in the district of Aceh Besar is teacher's cognitive competence. It is recommended for the local government of Aceh Besar District to send more teachers to university to improve the quality of education. For the authority of education, it is recommended that they increase the quantity and the quality of laboratory training to improve teachers' competence about laboratory. The quality model of laboratory training should refer to the existing school curriculum so that the teachers can apply at schools. For teachers, it is recommended that they should not only achieve the cognitive domain but also students' psychomotoric competence by taking advantage of laboratory so that they can reach the minimum hours of 24 periods. Experience obtained from carrying out the duty is expected to be able to improve their competence.