DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika untuk Memahamkan Siswa Klas IV SDN Tanggung I Tentang Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil Dua Bilangan. (Tesis)

Musrikah Musrikah

Abstrak


            Pemahaman siswa tentang KelipatanPersekutuan Terkecil (KPK) Dua Bilangan penting karena dengan memahami materi, siswa mampu menerapkan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari ataupun dapat menggunakannya dalam bidang lain serta dapat meningkatkan prestasinya. Tetapi kenyataannya siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Kesulitan itu disebabkan oleh kurang tepatnya pendekatan pembelajaran yang digunakan. Oleh sebab itu pada penelitian ini digunakan pendekatan realistik yang merupakan salah satu alternatif pendekatan yang dapat memahamkan siswa pada suatu materi pelajaran matematika .

      Perumusan masalahnya adalah (1) Apakah langkah-langkah pendekatan realistik dalam pembelajaran matematika telah mampu memahamkan siswa kelas kelas IV SDN Tanggung I tentang Kelipatan Persekutuan Terkecil Dua Bilangan? (2) Apakah pendekatan realistik dalam pembelajaran matematika telah mampu memahamkan siswa kelas IV SDN Tanggung I tentang Kelipatan Persekutuan Terkecil Dua Bilangan?

Untuk menjawab pertanyaan di atas peneliti menerapkan pembelajaran melalui pendekatan realistik untuk memahamkan siswa pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dua bilangan. Pada penelitian ini digunakan langkah-langkah pendekatan realistik sebagai berikut:(1) penggunaan konteks; (2) penggunaan model, (3) sumbangan pemikiran siswa;(4) interaksi dan (5) keterkaitan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah semua siswa klas IV SDN Tanggung 1. Subyek wawancara adalah siswa yang skor tesnya berada pada kuartil 1, 2 dan 3

Pembelajaran Kelipatan Persekutuan Terkecil ( KPK ) dua bilangan dengan pendekatan realistik berlangsung dalam tiga tahapan yaitu: (1) kegiatan awal, (2) kegiatan inti dan (3) kegiatan akhir. Pada kegiatan awal guru memberikan masalah kontekstual, yaitu masalah yang ada di sekitar siswa dan sesuai dengan materi pembelajaran. Pada kegiatan inti ada dua kegiatan yaitu: (1) siswa menyelesaikan masalah yang diberikan di Lembar Kegiatan Siswa, (2) diskusi membahas selesaian dari masalah yang diberikan. Pada pelaksanaan diskusi guru berperan sebagai fasilitator, motivator, sekaligus intervensionis. Pada kegiatan akhir guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan realistik dapat memahamkan siswa terhadap materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK ) dua bilangan. Langkah- langkah yang digunakan pada pembelajaran ini adalah: (1) penggunaan konteks, (2) penggunaan model, (3) intertaksi, (4) sumbangan pemikiran siswa, dan (5) keterkaitan mampu memahamkan siswa klas IV SDN Tanggung I pada topik Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dua bilangan.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru maupun peneliti yang lain untuk menggunakan pendekatan realistik dalam pembelajaran matematika. Pada pembelajaran menggunakan pendekatan realistik siswa sebaiknya diberi kesempatan untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang diberikan dengan memodelkan masalah yang diberikan menurut penalarannya. Siswa hendaknya juga diberi kesempatan untuk berinteraksi dan memberikan sumbangan pemikirannya secara optimal. Guru seharusnya mengaitkan materi yang diberikan dengan lingkungan yang ada di sekitar siswa serta mengaitkan materi dengan pengetahuan prasyaratnya.

Abstract:

Understanding teaching material is important since by understanding the material students are able to implement the material in their daily life and to implement the material in other field. Understanding the material, in turn, will improve the students' achievement. But, in fact the students face difficulties in understanding the material. The difficulties are because of inappropriate teaching approach. That is why this study intends to apply realistic approach to improve students' understanding of Mathematic teaching material.

The aim of this study is to answer these following questions (1) what are the steps of realistic approach in teaching Mathematics in Tanggung Elementary School I class four about least common multiple two numbers?; (2) Is realistic approach in teaching Mathematics able to improve students understanding about least common multiple two numbers?

To answer the above questions, the researcher tries to observe forms of realistic teaching approach to improve students' understanding about least common multiple (LCM) two numbers. This study is applied steps in realistic approach such as: (1) use of context, (2) use of model, (3) students contribution, (4) interactivity, (5) interwning. The study is qualitative in nature; that is Classroom Action Research. The subject of this study is class four students of Tanggung Elementary School I. The subject of interview is students at kuartil 1, 2, and 3 his/her test score.

Instruction of LCM two numbers using realistic approach is conducted in three simultant activities they are: (1) pre-teaching, (2) whilst teaching, (3) post teaching. In pre-teaching, teacher gives contextual problems, the problem ordinary students found in his/her environment. In whilst instruction there are two activities they are: (1) Students solve contextual problem on LKS, (2) Discussion about the problem gives. Teacher as fasilitator, motivator, and intervensionist of students' discussion. In post teaching, teacher give some question to incourages students to make a conclusion.

Based on the data analysis, it is found that teaching LCM using realistic approach is able to make students' understanding about LCM two numbers in Tanggung Elementary School I. The instructional steps are: (1) use of context, (2) use of model, (3)interactivity, (4)students contributions, and (5) intertwining.Those steps are able to make students' understanding about LCM two numbers in Tanggung Elementary School I.

 

Based on the above conclusions, the researcher suggests theacher and other researcher to apply realistic approach in instructional Mathematics to make students'understanding about LCM two numbers. Students should be given opportunity to solve ploblems as their reasoning. Students must be given opportunity to interact and explore their opinion in discussion. Theacher must interwning learning material with students environment .