DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran (Tematik Versus Konvensional) dan Gaya Kognitif terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. (Disertasi)

Dwi Ilham Rahardjo

Abstrak


Siswa SD memiliki ciri-ciri utama yang spesifik. Beberapa di antara ciri tersebut adalah: (1) pada umumnya mereka masih melihat segala sesuatu sebagai suatu keutuhan, (2) perkembangan fisiknya tidak pernah bisa dipisahkan dengan perkembangan mental, sosial, dan emosional, dan (3) perkembangan itu akan terpadu dengan kehidupan, pengalaman, dan lingkungannya. Penggunaan strategi pembelajaran di SD dapat efektif apabila memperhatikan ciri-ciri tersebut. Dengan demikian strategi pembelajaran yang dipakai hendaknya yang utuh, sesuai dengan pengalaman dunia yang nyata, dan sesuai pula dengan kehidupan siswa.

Di lapangan selama ini, guru SD kurang memperhatikan strategi pembelajaran yang digunakannya. Guru memusatkan perhatian pada isi mata pelajaran, tidak utuh atau tidak holistik. Isi pelajaran diajarkan dengan strategi pembelajaran secara terpisah-pisah melalui ceramah atau sering disebut pembelajaran konvensional. Tujuan dari strategi pembelajaran yang terpisah yakni agar siswa memperoleh informasi dan ide-ide yang terdapat dalam tiap-tiap mata pelajaran yang diajarkan.

Di sisi lain, strategi pembelajaran tematik merupakan strategi pembelajaran yang memperhatikan siswa SD yang kerangka berpikirnya masih utuh, dan pemahaman terhadap suatu konsep masih melalui dunia nyata, serta sesuai dengan kehidupan siswa. Strategi pembelajaran ini beranjak dari suatu tema sebagai pusat perhatian atau permasalahan yang harus dipecahkan. Pemecahan tema yang merupakan permasalahan dengan cara mengaitkan atau menghubungkan berbagai fakta dan konsep dari berbagai bidang studi (relations among domains). Fakta dan konsep tersebut diperoleh melalui pengalaman dunia nyata siswa, sehingga proses pembelajaran sesuai dengan kehidupan siswa. Sebagai pembanding keefektifan strategi pembelajaran tematik, digunakan strategi pembelajaran konvensional karena strategi ini sangat lazim digunakan oleh para guru SD.

Selain strategi pembelajaran, hal penting yang perlu juga menjadi perhatian guru dalam pembelajaran adalah kondisi pembelajaran, di antaranya adalah gaya kognitif. Gaya kognitif merupakan bagian dari fungsi mental dalam memperoleh fakta atau konsep. Gaya kognitif menggambarkan kebiasaan berperilaku relatif tetap dalam diri seseorang dalam menerima, memikirkan, memecahkan masalah maupun dalam menyimpan informasi. Sejauh mana pengaruh utama dan pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar merupakan konsentrasi penelitian ini.

Tujuan penelitian ini adalah (1) menentukan pengaruh strategi pembelajaran (tematik dan konvensional) terhadap prestasi belajar pada kelas III SD, (2) menentukan pengaruh gaya kognitif (Field Depedence dan Field Indepedence) terhadap prestasi belajar pada kelas III SD, dan (3) menentukan pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar pada kelas III SD.

Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen. Desainnya merupakan versi nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD di Kota Mojokerto pada tahun pelajaran 2009/2010. Sampelnya berjumlah 166 siswa berasal dari empat SD (tiap SD, satu kelas) yang ada di Gugus Sekolah II Kota Mojokerto. Pemilihan sampel gugus sekolah dan sampel SD dilakukan dengan menggunakan teknik sampel kelompok acak, dimana yang diacak terlebih dahulu adalah gugus sekolah, kemudian sekolahnya. Data yang dikumpulkan diolah secara statistik inferensial dengan menggunakan teknik analisis varian (anava) dua jalur 2 x 2.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan prestasi belajar antara kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran tematik dan kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD, (2) tidak ada perbedaan prestasi belajar antara kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent pada siswa kelas III SD, (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar pada siswa kelas III SD. Statistik desriptif menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran tematik (rerata 68,09) memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan dengan penerapan strategi pembelajaran konvensional (rerata 61,06).

Berdasarkan temuan penelitian, kepada para guru SD, khususnya kelas III disarankan menggunakan strategi pembelajaran tematik dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Karakteristik pembelajaran tematik dapat memberdayakan siswa untuk belajar secara maksimal dan menunjang pencapaian prestasi belajar siswa.

Abstract:

Elementary students have main characteristics, which are specific; amongst of them are (1) generally, they still see everything as a whole, (2) their physical development can never be separated from the development of mental, social, and emotional, and (3) the development would be integrated with life, experience, and environment. The use of instructional strategies in elementary school can be effective when notice these features. Thus, the instructional strategies used should be holistic, real-world experience, and relevant to students' life.

In recent classroom, elementary school teachers pay less attention to the use of instructional strategies. They focus on the content of subjects; incomplete or not holistic. The contents of the lessons are separately usually through a lecturing or it is often called conventional learning. The purpose of the strategy is to enable students to obtain information and ideas contained in each of the subjects taught.

On the other hand, the thematic instructional strategy is an instructional strategy that concerns the elementary students whose frame of mind still intact and their understandings of a concept still through the real world; based on their life. This instructional strategy is based on a theme as the focus (center of interest) or issues solved by connecting or relating various facts or concepts from different fields of study (relations among domains) in which facts or concepts are acquired through transferring to the real word so that the learning experiences should be relevant to students' life. Comparing the effectiveness of thematic instructional strategy, it is used conventional instructional strategy because it is commonly used by the elementary school teachers.

Besides the instructional strategies, one of instructional conditions must be full attention by the teacher is cognitive style. Cognitive style is a part of mental function in acquiring facts or concepts. It describes the relatively constant of someone's habitual behavior in accepting, thinking, solving problems and storing the information. The concentration of this research is to study the extent of the main and interaction effects of the instructional strategies and cognitive styles on the learning achievement.

The purposes of the research are as follows: (1) to determine the effects of instructional strategy (thematic and conventional) on the learning achievement of the third grade student of elementary school. (2) to determine the effects of cognitive style on the learning achievement of the third grade student of elementary school, (3) to determine the interaction effects between instructional strategy and cognitive style on the learning achievement of the third grades.

The study employed a quasi-experimental research. The design was a version of the nonequivalent control group design. The population of the research is all third graders in elementary school Mojokerto in 2009/2010 school year. The subjects of this study selected are 166 students from four elementary schools (each school, one class) in the Second School Cluster in Mojokerto. The selection of the cluster sample and the elementary schools sample is conducted by using a random sample group; in which the school cluster is firstly randomized and the next is elementary schools. The data collected are processed using inferential statistical analysis techniques variants (anova) two-lane 2 x 2.

The results of the study showed that (1) there are differences in the learning achievement between the groups of the third grade students treated using thematic instructional strategies and the ones treated using conventional instructional strategies, (2) there is no difference in the learning achievement between the groups of the third grade students with the independent cognitive styles and the ones with the dependent cognitive styles, (3) there is no interaction between instructional strategies and cognitive styles on the learning achievement of the third grade elementary school students. The descriptive statistics show that the application of the thematic instructional strategies (average 68.09) gives a better effect on the student learning achievement compared with the application of the conventional instructional strategies (average 61.06).

Based on the research findings, it is recommended to the elementary school teachers to apply the thematic instructional strategies in the instruction to improve student learning achievement. The characteristic of thematic strategy can empower student to learn optimally and support the student learning achievement.