DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Deteksi Ekspresi Gen SRY Untuk Determinasi Seksual Sapi PO (Peranakan Ongole) dan Pengembangannya Sebagai Buku Referensi Pada Matakuliah Struktur Perkembangan Hewan di Perguruan Tinggi

Muhammad Fahmi, Muhammad Najib Fahmi

Abstrak


Berdasarkan Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003, pada Bab I, Pasal 1, ayat 1 menyatakan bahwa pendidikan adalah upaya yang disengaja dan direncanakan untuk menciptakan iklim pembelajaran. Di tingkat pendidikan tinggi, kualitas sumber daya manusia menjadi kunci keberlanjutan dan kualitas pendidikan. Dalam deskripsi kualifikasi KKNI level 6, mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep-konsep teoritis pada pengetahuan tertentu secara umum selain itu juga menguasai konsep teoritis bagian khusus dalam bidang tersebut dengan mendalam dan mampu memecahkan masalah prosedural. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan observasi lapangan pada matakuliah struktur perkembangan hewan II dapat diinformasikan bahwa dibutuhkan sumber belajar yang relevan untuk membantu mahasiswa memahami topik perkembangan embrio mamalia dalam bentuk buku referensi. Pengembangan buku referensi berbasis hasil penelitian adalah salah satu bentuk upaya yang dapat memperdalam dan memperluas materi perkuliahan yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Basis penelitian buku referensi didasarkan pada sapi pejantan yang memiliki mutasi pada gen SRY dapat menyebabkan infertilitas. Beberapa mutasi yang terjadi di dalam tubuh dapat mempengaruhi molekul DNA dan menghasilkan fragmen DNA yang berbeda. Ini dapat menyebabkan pembacaan yang salah dari pembentukan DNA selama replikasi dan sintesis protein. Protein yang dihasilkan dapat terjadi perubahan fungsional atau bahkan protein tidak aktif yang terdegradasi oleh sistem dalam sel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi ekspresi gen SRY pada sapi PO dengan pendekatan biologi molekuler dan bioinformatika. Selain itu juga menghasilkan buku referensi matakuliah Struktur Perkembangan Hewan II topik determinasi seksual perkembangan embrio mamalia berdasarkan penelitian hasil deteksi ekspresi gen SRY pada sapi PO.

Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu penelitian deksriptif eksploratif dan tahap kedua penelitian pengembangan produk buku referensi. Prosedur Pelaksanaan Tahap Penelitian I terdiri dari: a). Koleksi dan Isolasi DNA Genom Sapi, b). Isolasi DNA Total c). Uji Kuantifikasi DNA dengan Nanodrop Spektrofotometri d). Elektroforesis (Uji Kualitas DNA) e). Reaksi Polymerase Chain Reaction (PCR) f). Elektroforesis (Separasi Hasil PCR) g). Sekuensing h). Analisis Bioinformatik. Berdasarkan hasil isolasi DNA yang telah dilakukan, terlihat band-band yang menunjukkan kualitas DNA. Semakin tebal pita yang dihasilkan maka semakin tinggi pula kualitas DNA yang diperoleh. Sampel A, B dan C memiliki kualitas yang cukup tinggi. Tinggi rendahnya kualitas DNA dapat disebabkan pada saat proses isolasi. Hasil dari pengukuran kemurnian DNA menggunakan nanodrop pada rasio absorbansi λ 260/280 menunjukkan bahwa umumnya lebih besar dari 1,95. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemurnian DNA tidak terkontaminasi dengan protein. Hasil dari elektroforegram DNA menunjukkan terbentuknya tiga pita dari sampel yang diisolasi. Hal tersebut menunjukan total DNA terisolasi mempunyai integritas yang biak dan dapat digunakan sebagai template untuk primer gen SRY. Hal ini juga menunjukkan bahwa DNA dari sampel tersebut terisolasi dan tidak terdegradasi.  Hasil dari proses amplifikasi PCR pada gen SRY menghasilkan pita degan ukuran rentang 700-800bp. Munculnya pita ini menunjukkan bahwa primer DNA yang digunakan pada penelitian ini adalah spesifik gen SRY untuk sapi PO. Pengembangan buku referensi menggunakan model dari pengembangan ADDIE. Hasil dari uji validasi materi dan validasi media masing-masing mendapatkan presentase nilai sebesar 80,3% dan 93,7%. Pada uji keterbacaan media mendapatkan presentase nilai sebesar 83,5%. Berdasarkan hasil tersebut maka buku referensi berada pada indikator valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Pada uji implementasi didapatkan nilai pre-test dari 12 mahasiswa menunjukkan rerata nilai sebesar 30,33 dan nilai post-test sebesar 70.41. Nilai post-test lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pre-test dengan gain score sebesar 0,57 dalam kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan buku referensi yang dihasilkan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan deteksi ekspresi pada gen SRY pada sapi pejantan PO, yaitu menghasilkan polipeptida yang sama yaitu crystal structure of carnitine transporter (CaiT) dari eksperesi gen SRY. Meskipun terjadi polimorfisme antara kedua sampel namum tidak mengubah ekspresi gen SRY, artinya urutan penyandi protein pada gen SRY memperlihatkan variasi yang terjadi tidak mengubah translasi asam amino. Telah dihasilkan produk penelitian pengembangan bahan ajar berupa buku referensi berbasis penelitian topik determinasi kelamin pada perkembangan embrio mamalia berdasarkan penelitian deteksi ekspresi gen SRY pada sapi pejantan PO.