DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Daya Tarik Promosi, Peran Orangtua, dan Pemahaman Informasi Pendidikan dengan Keputusan Siswa Melanjutkan Studi ke SMK, Suatu Studi di Kabupaten Tuban. (Tesis)

Basuki Basuki

Abstrak


Salah satu tujuan Direktorat PSMK melakukan promosi melalui media iklan adalah mempengaruhi lulusan SMP/sederajat untuk memutuskan melanjutkan studi ke SMK. Lulusan SMP/sederajat dalam mengambil keputusan melanjutkan sekolah tidaklah mudah. Peran serta pihak lain seperti orangtua ikut memberi pengaruh. Dari sudut bimbingan, keputusan yang diambil seseorang seharusnya adalah keputusan yang tepat. Pengambilan keputusan merupakan proses, untuk mengambil keputusan diperlukan data dan informasi yang akurat.

          Penelitian ini bertujuan a) mengetahui hubungan antara daya tarik promosi dengan keputusan siswa melanjutkan studi ke SMK, b) mengetahui hubungan antara peran orangtua dengan keputusan siswa melanjutkan studi ke SMK, c) mengetahui hubungan antara pemahaman informasi pendidikan dengan keputusan siswa melanjutkan studi ke SMK, dan d) mengetahui hubungan daya tarik promosi, peran orangtua, dan pemahaman informasi pendidikan secara bersama-sama dengan keputusan siswa melanjutkan studi ke SMK.

          Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif korelasional dengan populasi sebesar 1243 kesemuanya adalah siswa kelas 1 yang menyebar pada empat SMK Negeri di Kabupaten Tuban yaitu: SMK Negeri 1 Tuban, SMK Negeri 2 Tuban, SMK Negeri 3 Tuban, dan SMK Negeri Tambakboyo. Jumlah Responden 189 yang dipilih dan ditetapkan menggunakan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui instrumen dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear ganda dengan bantuan program komputer SPSS for windows.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif signifikan antara daya tarik promosi dengan keputusan siswa melanjutkan studi ke SMK dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,193 dan nilai p sebesar 0,004, 2) terdapat hubungan positif signifikan antara peran orangtua dengan keputusan siswa melanjutkan studi ke SMK dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,466 dan nilai p sebesar 0,000, 3) tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemahaman informasi pendidikan dengan keputusan siswa melanjutkan studi ke SMK dengan koefisien korelasi (rx3y) sebesar 0,105 dan nilai p sebesar 0,075, dan 4) terdapat hubungan positif signifikan antara daya tarik promosi, peran orangtua, dan pemahaman informasi pendidikan secara bersama-sama dengan keputusan siswa melanjutkan studi ke SMK dengan koefisien korelasi R sebesar 0,508 dan hasil uji F menunjukkan nilai sig. F sebesar 0,000.

Berdasar temuan penelitian, maka saran untuk Dir. PSMK adalah: perlu memperbaiki kualitas iklan agar sesuai dengan daya nalar calon siswa. Saran untuk orangtua adalah: perlu meningkatan kemampuan dalam membimbing anak. Saran untuk guru BK adalah: perlu mengoptimalkan semua saluran informasi yang tersedia sebagai sumber informasi pendidikan.

            Sedangkan untuk peneliti berikutnya saran yang diberikan adalah: perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor lain diluar variabel penelitian ini.

 

Abstract:

 

            One of promotional objectives of the PSMK Directorate via advertising media is to attract graduates of the Junior High Schools to continue their studies to Vocational Schools. Of course, it would not be easy for the graduates to make the right decision to continue their studies. In such situation, parents play their roles in influencing their decisions. Based on guidance's point of view, the decision should be the right one. Decision-making is a process, which requires accurate information and data.

            Objectives of the research are a) to find out relationship between promotional attraction and the students' decisions to continue their studies to the Vocational Schools, b) to find out relationship between parents' roles and the students' decisions to continue their studies to Vocational Schools, c) to find out relationship between educational information understanding and the students' decisions to continue their studies to Vocational Schools, and d) to find out relationship among promotional attraction, parents' roles, and educational information understanding, simultaneously, with the students' decisions to continue their studies to Vocational Schools.

            Method of the research is correlational descriptive, and population of the research is the entire students at the 1st grade, 1243 students, at four State Vocational Schools in Tuban, for instance: SMK Negeri 1 Tuban, SMK Negeri 2 Tuban, SMK Negeri 3 Tuban, and SMK Negeri Tambakboyo. 189 respondents are selected and established using proportional random sampling. Data is collected through instrument and to be analyzed using descriptive analysis and multi-linear regression analysis along with computer program of SPSS for windows.

            Findings of the research show: 1) significant and positive relationship between promotional attraction and the students' decisions to continue their studies to Vocational Schools in which the correlational coefficient (rx1y) is 0.193 and p value is 0.004, 2) significant and positive relationship between the parents' roles and the students' decisions to continue their studies to Vocational Schools in which the correlational coefficient (rx2y) is 0.466 and p value is 0.000, 3) there is no significant and positive relationship between educational information understanding and the students' decisions to continue their studies to Vocational Schools in which the correlational coefficient (rx3y) is 0.105 and p value is 0.075, and 4) significant and positive relationship between promotional attraction, parents' roles, as well as educational information understanding, simultaneously, and the students' decisions to continue their studies to Vocational Schools in which the correlational coefficient R is 0.508 and result of the F-test shows sig. F value is 0.000.

            Based on findings of the research, it is suggested for the PSMK Directorate to improve the advertising quality that conforms to reasoning of the prospective students. Suggestions for the parents, they should improve their abilities in guiding their children. Suggestions for the teachers who give counseling guidance, they should optimize the entire channels of the available information as sources of educational information.

            Furthermore, suggestion for the next researcher requires further research that concerning with other factors out of the variables in this research.