DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Kepribadian, Sikap, dan Kompetensi Multimedia terhadap Motivasi Berwirausaha bagi Siswa Kelas III SMK Program Keahlian Multimedia Se-Kabupaten Malang Tahun 2009. (Tesis)

Fathul Amin

Abstrak


Peminat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mengalami peningkatan yang luar biasa besar, untuk itu perlu adanya solusi yang bisa menyalurkan tenaga terampil dari SMK, berwirausaha merupakan alternatif lain untuk masalah lulusan SMK, yang perlu dilaksanakan di sekolah adalah memotivasi siswa untuk berwirausaha. Motivasi untuk berwirausaha dapat dimulai dari para pengajar, terutama pengajar produktif.

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui hubungan antara kepribadian dengan motivasi berwirausaha siswa SMK, 2) untuk mengetahui hubungan antara sikap dengan motivasi berwirausaha siswa SMK, 3) untuk mengetahui hubungan antara kompetensi keahlian multimedia dengan motivasi berwirausaha siswa SMK, 4) untuk mengetahui hubungan antara kepribadian, sikap, dan kompetensi keahlian multimedia dengan motivasi berwirausaha siswa SMK.

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas III Program Keahlian Multimedia yang ada di Kabupaten Malang sebanyak 64 orang, yang berasal dari SMK Negeri 2 Turen, SMK Al-Islahiyah Singosari, SMK As-Salam Bantur. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumen. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, regresi, korelasi parsial, dan korelasi product moment.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat hubungan yang positif signifikan antara kepribadian (X1) dengan motivasi berwirausaha (Y1), dengan koefisien korelasi r = 0,467, nilai signifikansi p = 0,000; 2) terdapat hubungan yang positif signifikan antara sikap (X2) dengan motivasi berwirausaha (Y1), dengan koefisien korelasi r = 0,452, nilai signifikansi p = 0,000; 3) terdapat hubungan negatif signifikan antara kompetensi multimedia (X3) dengan motivasi berwirausaha (Y1), dengan koefisien korelasi r = -0,252, nilai signifikansi p = 0,044; 4) terdapat hubungan yang positif signifikan antara kepribadian, sikap, dan kompetensi multimedia (X4) dengan motivasi berwirausaha (Y1), dengan persamaan regresi dan koefisien korelasi R = 0,614, nilai signifikansi p = 0,000.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bagi: 1) Dinas Pendidikan, hendaknya memberikan perhatian yang lebih serius kepada siswa SMK karena siswa SMK program keahlian multimedia mempunyai kepribadian, sikap dan motivasi berwirausaha dengan kategori tinggi, dengan memberikan sarana workshop hasil produksi siswa SMK, 2) sekolah hendaknya memberikan fasilitas untuk latihan berwirausaha misalnya memberikan sarana untuk acara bazar sekolah guna menampilkan hasil karya siswa, 3) bagi siswa, mulailah dengan mencoba berwirausaha dibidang multimedia kecil-kecilan, misalnya setting, dan editing, dua sampai tiga tahun yang akan datang pasti sudah ada kemajuan, 4) dunia industri, menjalin kerja sama dengan SMK dalam pembuatan produk multimedia, 5) penelitian ini masih terbatas dalam lingkup dan kedalaman hendaknya ada penelitian yang lebih lanjut dalam bidang ini.

Abstract:

 

The devotee of Vocational High School (SMK) expirenced a tremendous improvement and it is necessary to the existence of a solution that can deliver skilled workers from vocational school. In this case, entrepreneurship is an alternative to the problem of vacational school graduates, here vocational schools need to motivate their students to do entrepreneurship. The motivation for entrepreneurship can be started from the teachers, especially productive teachers.

This research aims: 1) to assess the relationship between personality and entrepreneurship motivation of vacational school students, 2) the relationship between attitude and entrepreneurship motivation of vocational school students, 3) the relationship between competence of multimedia expertise and entrepreneurship motivation of vocational school students, and 4) the relationship between personality, attitude, and competence of multimedia of vocational school students.

This study used correlation method. The research populational was third grade student of SMK in Multimedia Expertise Program in Malang Regency, about 64 students from SMK Negeri 2 Turen, SMK Al-Islahiyah Singosari, SMK As-Salam Bantur. The data collecting method used questionnaire and documents. The data analysis used descriptive analysis, regression, partial correaltion and product moment.

The results shower: 1) there was positive significant relationship between personality (X1) and entrepreneurship motivation (Y1), with correlation coefficient r = 0,467, significant value p = 0,000; 2) there was positive significant relationship between attitude (X2) and entrepreneurship motivation (Y1), with correlation coefficient r = 0,452, significant value p = 0,000; 3) there was negative significant between multimedia competency (X3) and entrepreneurship motivation (Y1), with correlation coefficient r = - 0,252, significant value p = 0,000.

In line with research results, in expected that: 1) the office of education should give more serious attention to vocational students because these students of multimedia expertise program had high category of personality, attitude and entrepreneurship motivation, by giving workshop means for product of SMK students, 2) the vocational school should give facility for entrepreneur traning for example provide means for school bazar in order to show the students creation; 3) for the student; they should start to try entrepreneurship in multimedia field, for example, setting and editing, hopefully in two or three years a head they will improve; 4) the industrial world can cooperate with SMK in making multimedia product, and 5) this study has limitation in its scope and content that it needs other research to follow up this field in the future.