DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Rusliansyah. 2010. Pengembangan Media Audio Video dalam Pembelajaran Praktik Las untuk Siswa Kelas X Program Studi Mekanik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. (Tesis)

Rusliansyah Rusliansyah

Abstrak


Pembelajaran pengelasan oksi asetilin, selama ini berlangsung dengan menggunakan buku manual dan perangkat las oksi asetilin masih sangat sederhana. Berdasarkan observasi sampai tahun 2007 kekurangan yang terdapat pada pembelajaran prosedur pengelasan dengan las oksi asetilin di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen adalah: (1) belum ada pengayaan presentasi pengajaran dengan audio video; (2) belum ada fasilitas multimedia untuk membantu pemahaman siswa secara lebih jelas dan nyata; (3) memerlukan banyak tambahan penjelasan sehingga waktu untuk proses belajar mengajar kurang efisien; (4) sajian tampilan media alat yang sebenarnya kurang variatif, sehingga kurang memberi ketertarikan dan kurang memberi keaktifan pada siswa.

Pemilihan media audio video sebagai produk teknologi media pengajaran parktek las oksi asetilin adalah karena realita bahwa kita berada dalam era teknologi informasi.

Penelitian yang dilaksanakan bertujuan mengembangkan produk media audio video untuk mendukung pembelajaran praktik las oksi asetilin pada posisi mengelas di bawah tangan, keefektifan media pembelajaran mengelas pada siswa yang menggunakan media audio video, dan yang tidak menggunakan media audio video, pada siswa kelas X Program Keahlian Mekanik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Rancangan pengembangan media pembelajaran ini dilakukan tahapan pengembangan melalui prosedur atau langkah yang dipersiapkan terlebih dahulu, yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan di kembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) Validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil, (5) uji coba lapangan skala besar. Tahapan yang diambil dimaksudkan untuk memperoleh media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Dari hasil uji coba produk media kepada para ahli, guru dan siswa menunjukan bahwa produk media ini sudah cukup memadai, mengenai kesesuaian media dalam pembelajaran terutama kompetensi mengelas sambungan I menggunakan las oksi asetilin dengan posisi pengelasan di bawah tangan, sehingga media ini dapat digunakan sebagai alternatif ketersediaan media pembalajaran selain buku teks.

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Mekanik Otomotif pada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Sebagai responden Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang menggunakan media audio video (X1) dan pembelajaran yang tidak menggunakan media (X2) serta hasil belajar kompetensi mengelas sambungan I menggunakan las oksi asetilin (Y) sebagai variabel terikatnya.

Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah peneliti berhasil membuat/mengembangkan media audio video (keping VCD) dalam pembelajaran praktik las oksi asetilin dengan posisi mengelas di bawah tangan dengan durasi 50 menit. Dari hasil uji coba produk media kepada para ahli, guru dan siswa menunjukan bahwa produk media ini sudah cukup memadai. Sehingga media ini dapat digunakan sebagai alternatif ketersediaan media pembalajaran selain buku teks.

Dengan menggunakan media dalam pembelajaran akan sangat membantu dan sangat besar keefektifannya dalam mengajar menggunakan media audio-video praktik las terhadap kompetensi mengelas pada siswa kelas X Program Keahlian Mekanik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Hal ini dibuktikan dengan melihat nilai rata-rata kelas yang menggunakan media 3.13 dan nilai rata kelas yang tidak menggunakan media 2.43, dengan t-hitung sebesar 17.466, dan sig = 0.000.

Abstract:

 

            The learning of oxy acethylene welding nowadays only uses manual textbooks and the oxy acethylene instruments which are very modest. Based on the observation until 2007, the lacks in the welding procedure learning with oxy acethylene welding at Muhammadiyah Vocational High School 1, Kepanjen are (1) there is no enrichment of learning presentation with audio video; (2) there is no multimedia facilities to help students' understanding which is clearer and more real; (3) the needs of explanation addition to make the teaching learning process efficient; and (4) the display presentation of instrument media does not vary so students feel less interested or active.

            The choice of audio video media as the technology product of teaching media for oxy acethylene welding practice is because the reality that we are in the era of information technology.

The research aims at developing a product of audio video media designed to support the learning practice of oxy acethylene welding practice in the position of under-arm welding, the efficacy of welding learning media for students who use the audio video media, and who do not use it, for students at class X, Program of Automotive Mechanics Skill at Muhammadiyah Vocational High School 1, Kepanjen.

The design to develop this learning media is done in the development stages through the prepared procedures or stages, which are (1) doing the product analysis which is going to develop, (2) developing the original product, (3) the expert validation and revision, (4) the field-try out in the small scale, and (5) the field-try out in the wide scale. They are intended to obtain a suitable learning media according to the need of learners.

Based on the result of the audio video media try out to experts, teachers, and students, it is known that the media product is sufficient in terms of the appropriateness of media in learning, particularly the competence joint I welding using oxy acethylene welding in the position of under-arm welding so it can be used as an alternative for the availability of learning media other than textbooks.

This research is conducted to 20 students at class X, Program of Automotive Mechanics Skill at Muhammadiyah Vocational High School 1, Kepanjen, as the experimental class and 20 students of the controlling class. The independent variable in this research is the learning strategy using audio video media (X1) and the learning strategy which does not use audio video media (X2) and the learning result of joint I welding using oxy acethylene welding (Y) as the dependent variable.

     The research concludes that the researcher was succeeded in developing audio video media (a piece of CD) for the practice learning of oxy acethylene welding in the position of under-arm during 50 minutes. From the result of the media try out to experts, teachers, and students, it is known that the media product is sufficient. Therefore, it can be used as the alternative for the availability of learning media other than textbooks.

Using media in conducting learning is very helpful and using audio-video media of welding practice is very effective for the welding competence of students at class X, Program of Automotive Mechanics Skill at Muhammadiyah Vocational High School 1, Kepanjen. It is proven by the mean score of the class with students using media 0f 3.13 and students who does not use media 0f 2.43 and t-test of 17.466, and sig = 0.000.