DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Asesmen Menulis Teks Eksposisi dengan Stimulus Multimodal

Alvatika Fitria Imtiadewi

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Imtiadewi, Alvatika Fitria. 2017. Pengembangan Asesmen Menulis Teks Eksposisi dengan Stimulus Multimodal. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Titik Harsiati, M.Pd, (II) Dr. Nita Widiati, M.Pd

 

 

Kata kunci: pengembangan, teks eksposisi, asesmen

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen yang mengimplementasikan teori berpikir kritis Peter A. Facione dalam tahapan-tahapan menulis teks eksposisi. Instrumen asesmen dikembangkankan untuk mengases kemampuan siswa SMA menulis teks eksposisi.

Landasan metodologis yang digunakan adalah model penelitian pengembangan R & D dengan sejumlah modofikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk, (4) pengujian awal produk, (5) perevisian produk, (6) pengujian produk, dan (7) perevisian produk.. Data mengenai kelayakan produk diperoleh dari empat sumber data, yaitu ahli asesmen, ahli pembelajaran Sastra Indonesia, guru, dan siswa.

Instrumen asesmen dikembangkan berdasarkan konstruk berpikir kritis yang diadaptasi dari teori kemampuan berpikir kritis Peter A. Facione. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan analisis dan evaluasi untuk menghasilkan keputusan dengan memperhatikan fakta, konsep, metode, kriteria, dan konteks. Konstruk tersebut diterapkan pada kompetensi menulis teks eksposisi. Teks eksposisi adalah teks yang menonjolkan satu sudut pandang mengenai satu permasalahan; tersusun atas tiga komponen meliputi (a) pengantar yang berisi tesis (claim), sifat tesis (qualifiers), dan preview argumen, (b) argumen yang berisi dasar (ground), jaminan (warrant), dukungan (backing), dan sanggahan (rebuttals), dan (c) simpulan yang berisi ringkasan, reiterasi (pada teks eksposisi analitis), dan rekomendasi (pada teks eksposisi hortatori).

Kemampuan berpikir kritis dalam menulis teks eksposisi adalah kemampuan melakukan analisis dan evaluasi untuk menghasilkan tulisan yang baik dan benar. Alat penilaian kompetensi menulis yang sesuai dengan karakteristik kompetensi menulis yang paling tepat adalah penilaian produk. Konteks penilaian produk menulis tersebut dapat diberikan melalui berbagai rangsang, seperti rangsang buku/teks, gambar/poster, peristiwa, konteks komunikasi, pengalaman, kegiatan, lingkungan sekitar, objek, peta/tabel, masalah autentik, dan video.

Berdasarkan konstruk yang telah dipaparkan, dihasilkan produk berupa instrumen asesmen menulis teks eksposisi dengan stimulus multimodal dan petunjuk penggunaan instrumen asesmen menulis teks eksposisi dengan stimulus multimodal. Setiap instrumen terdiri atas dua komponen, yaitu tugas dan rubrik penilaian. Tugas berisi butir-butir soal yang memandu siswa berpikir kritis yaitu melakukan analisis dan evaluasi ketika menulis teks eksposisi. Aspek inti berpikir kritis, yaitu analisis dan evaluasi diimplementasikan ke dalam tahapan-tahapan menulis yang secara garis besar meliputi (a) tahap pramenulis, (b) tahap menulis, dan (c) tahap pascamenulis. Aspek analisis diintegrasikan pada tahap pramenulis dan tahap menulis. Aspek evaluasi diintegrasikan pada tahap pascamenulis. Capaian siswa dalam menulis teks eksposisi dinilai menggunakan rubrik penilaian. Petunjuk penggunaan instrumen asesmen menulis teks eksposisi dengan stimulus multimodal terdiri atas tiga subkomponen, yaitu  (a) bentuk instrumen, (b) pelaksanaan instrumen asesmen, dan (c) pelaksanaan penyekoran.

Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba produk dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen menulis teks eksposisi dengan stimulus multimodal dan petunjuk penggunaan instrumen asesmen menulis teks eksposisi dengan stimulus multimodal cukup valid, cukup layak, dan efektif untuk diimpelemantasikan. Dengan demikian, hasil penelitian pengembangan ini dapat dijadikan salah satu alternatif asesmen menulis teks eksposisi bagi siswa kelas X SMA.