DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

SENSOR MEDAN MAGNET BERBASIS FEROFLUIDA Fe3O4 DENGAN METODE TRANSMISI CAHAYA

Aldila Puspitaningrum

Abstrak


ABSTRAK
Puspitaningrum, Aldila. 2017. Sensor Medan Magnet Berbasis Ferofluida Fe3O4 dengan Metode Transmisi Cahaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si (II) Dr. Ahmad Taufiq, M.Si
KATA  KUNCI: Sensor medan magnet, ferofluida, Fe3O4, metode transmisi cahaya.

Sensor medan magnet berbasis ferofluida Fe3O4 telah dikembangkan dengan menggunakan metode transmisi cahaya memanfaatkan sifat magneto-optik. Sensor ini menggunakan sumber cahaya laser He-Ne yang memiliki panjang gelombang 632,8 nm. Pada prinsipnya, sensor bekerja dengan mentransmisikan sinar laser He-Ne pada sampel ferofluida Fe3O4. Cahaya laser ditangkap oleh detektor optik dan diterjemahkan ke dalam besaran listrik berupa tegangan keluaran. Medan magnet yang diberikan mengganggu partikel magnetik dalam ferofluida dan direkam oleh banyaknya cahaya laser yang mampu melewati balok kaca berisi ferofluida.
 Hasil analisis data XRD menunjukkan bahwa ferofluida Fe3O4 memiliki ukuran partikel sekitar 9 nm yang dikonfirmasi dengan analisis data SANS sekitar 7,6 nm. Dari hasil uji polarisasi terlihat bahwa ferofluida Fe3O4 mengalami gejala polarisasi yang ditunjukkan dengan berputarnya sudut polarisasi saat dikenai medan magnet eksternal. Ferofluida Fe3O4 memiliki waktu relaksasi partikel selama satu menit. Berdasarkan hasil analisis data perubahan tegangan keluaran terhadap medan magnet, ferrofluida Fe3O4 memiliki kinerja yang baik dengan jangkauan sensor 0 mT – 187,8 mT, daerah kerja sensor 3,7 mT - 11,17 mT, sensitivitas sensor untuk medan naik sebesar 0,011 V/mT dengan resolusi 0,0652 mT dan sensitivitas sensor untuk medan turun 0,010 V/mT dengan resolusi 0,0693 mT. Selanjutnya, perbedaan data pengukuran antara medan naik dan turun adalah 0,005 V dengan stabilitas sensor yang baik pada jarak 10 mm.

– 35.4, mengindikasikan bahwa tanah gambut memiliki rongga sehingga memiliki kemampuan untuk menyimpan air cukup banyak.