DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Program Sistem Pendidikan Ganda Di SMK Praktik Industri Siswa (Prakerin) Di Universitas. Studi Kasus PTUniversitas Negeri Malang

PAUL . MACHUMU

Abstrak


Abstrak

Abstrak
Machumu Paul, 2017. Efektivitas Program Sistem Pendidikan Ganda Di SMK

Praktik Industri Siswa (Prakerin) Di Universitas. Studi Kasus PTUniversitas Negeri Malang. TesisMagister Pendidikan Kejuruan Program, Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pengawas: Prof. Dr. Haris Anwar Syafrudie M Pd, Aji PrasetyaWibawa, S.T., M.M.T., PhD.

Kata kunci: Pendidikan Kejuruan, Prakerin, Sistem Pendidikan Ganda, Sekolah Kejuruan, Mahasiswa Kejuruan.

Praktik Industri yang disingkat "Prakerin" adalah bagian dari Dual System Education (PSG) yang harus diimplementasikan oleh setiap pelajar di dunia kerja. Prakerin adalah salah satu bentuk SMK Corporation dengan Dunia Bisnis dan Dunia Industri. Good Prakerin memerlukan persiapan yang mantap. dengan mempersiapkan siswa dan seluruh personil dan institusi yang terkait dengan program siswa Prakerin serta meningkatkan kualitas kemitraan sesuai dengan kebutuhan profesional profesi profesional yang berasal dari lulusan SMK.

Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui efektifitas Program Sistem Pendidikan Ganda pada Praktik Industri Siswa SMK (Prakerin) di Universitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan statika deskriptif terhadap studi lapangan, karena peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan Prakerin di universitas, Universitas Negeri Malang sebagai studi kasus dimana siswa untuk SMK yang berbeda melakukan program Prakerin mereka. Karena sifat penelitian studi lokasi ini, penelitian ini mengukur pandangan siswa tentang bagaimana program yang efektif.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara umum semua aspek penelitian menunjukkan bahwa ada efektifitas program dual education system pada praktik industri siswa SMK (Prakerin) di Universitas.

Satu, Implementasi Prakerin telah tercapai serta Pengawasan dan Pemantauan di semua sub aspek seperti persiapan dari sekolah, persiapan siswa dan kesesuaian materi pelajaran dengan materi prakerin hingga pelaksanaan prakerin sangat efektif untuk didakwa. Baik di sisi pengawasan dan pemantauan, baik supervisor internal maupun eksternal dan mentor efektif dalam memantau dan membimbing siswa SMK untuk mencapai tujuan mereka dalam melakukan Prakerin. Pengawas selalu menghadiri area praktik kerja industri untuk membantu siswa dan melihat kemajuan mereka dalam aspek yang berbeda.

Dua, pada fasilitas prakerin, hasilnya menunjukkan bahwa hal itu efektif dalam hal kuantitas dan kegunaan karena hasil dari siswa SMK menunjukkan bahwa, mereka dapat menggunakan fasilitas yang cukup memadai, walaupun ada beberapa peralatan yang ada. rusak dan ketinggalan jaman Tiga, pada aspek kerjasama, kedisiplinan dan kehadiran menunjukkan bahwa hal itu efektif di kalangan siswa dan staf yang berada di sekitar program prakerin sehingga mengungkapkan bahwa program tersebut dilaksanakan secara efektif dan berdampak positif bagi siswa SMK prakerin. Empat, pada aspek prestasi, dan kesiapan siswa dalam melakukan praktik kerja industri yang terdiri dari mental, sikap, pengetahuan dan keterampilan, menunjukkan bahwa hal itu efektif dari analisis deskriptif dimana oleh siswa dapat mengidentifikasi masalah dan memecahkan masalah dengan strategi yang tepat.

Abstrak

Machumu Paul, 2017. Efektivitas Program Sistem Pendidikan Ganda Di SMK

Praktik Industri Siswa (Prakerin) Di Universitas. Studi Kasus PTUniversitas Negeri Malang. TesisMagister Pendidikan Kejuruan Program, Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pengawas: Prof. Dr. Haris Anwar Syafrudie M Pd, Aji PrasetyaWibawa, S.T., M.M.T., PhD.

Kata kunci: Pendidikan Kejuruan, Prakerin, Sistem Pendidikan Ganda, Sekolah Kejuruan, Mahasiswa Kejuruan.

Praktik Industri yang disingkat "Prakerin" adalah bagian dari Dual System Education (PSG) yang harus diimplementasikan oleh setiap pelajar di dunia kerja. Prakerin adalah salah satu bentuk SMK Corporation dengan Dunia Bisnis dan Dunia Industri. Good Prakerin memerlukan persiapan yang mantap. dengan mempersiapkan siswa dan seluruh personil dan institusi yang terkait dengan program siswa Prakerin serta meningkatkan kualitas kemitraan sesuai dengan kebutuhan profesional profesi profesional yang berasal dari lulusan SMK.

Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui efektifitas Program Sistem Pendidikan Ganda pada Praktik Industri Siswa SMK (Prakerin) di Universitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan statika deskriptif terhadap studi lapangan, karena peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan Prakerin di universitas, Universitas Negeri Malang sebagai studi kasus dimana siswa untuk SMK yang berbeda melakukan program Prakerin mereka. Karena sifat penelitian studi lokasi ini, penelitian ini mengukur pandangan siswa tentang bagaimana program yang efektif.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara umum semua aspek penelitian menunjukkan bahwa ada efektifitas program dual education system pada praktik industri siswa SMK (Prakerin) di Universitas.

Satu, Implementasi Prakerin telah tercapai serta Pengawasan dan Pemantauan di semua sub aspek seperti persiapan dari sekolah, persiapan siswa dan kesesuaian materi pelajaran dengan materi prakerin hingga pelaksanaan prakerin sangat efektif untuk didakwa. Baik di sisi pengawasan dan pemantauan, baik supervisor internal maupun eksternal dan mentor efektif dalam memantau dan membimbing siswa SMK untuk mencapai tujuan mereka dalam melakukan Prakerin. Pengawas selalu menghadiri area praktik kerja industri untuk membantu siswa dan melihat kemajuan mereka dalam aspek yang berbeda

Dua, pada fasilitas prakerin, hasilnya menunjukkan bahwa hal itu efektif dalam hal kuantitas dan kegunaan karena hasil dari siswa SMK menunjukkan bahwa, mereka dapat menggunakan fasilitas yang cukup memadai, walaupun ada beberapa peralatan yang ada. rusak dan ketinggalan jaman Tiga, pada aspek kerjasama, kedisiplinan dan kehadiran menunjukkan bahwa hal itu efektif di kalangan siswa dan staf yang berada di sekitar program prakerin sehingga mengungkapkan bahwa program tersebut dilaksanakan secara efektif dan berdampak positif bagi siswa SMK prakerin. Empat, pada aspek prestasi, dan kesiapan siswa dalam melakukan praktik kerja industri yang terdiri dari mental, sikap, pengetahuan dan keterampilan, menunjukkan bahwa hal itu efektif dari analisis deskriptif dimana oleh siswa dapat mengidentifikasi masalah dan memecahkan masalah dengan strategi yang tepat.