DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Ciri Teks Eksplanasi Kompleks Karangan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Garum

Herlien Ardiana Yunitaningtiyas

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Yunita Ningtiyas, Herlien Ardiana. 2017. Ciri Teks Eksplanasi Kompleks Karangan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Garum.Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Imam Agus Basuki, M. Pd (II)Dr. Roekhan, M. Pd

Kata kunci: ciri, teks eksplanasi kompleks, struktur isi, unsur kebahasaan.

Teks eksplanasi kompleks merupakan jenis teks baru yang terdapat dalam Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Terdapat beberapa karangan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Garum dalam satu kelas yang bukan merupakan teks eksplanasi kompleks, karena tidak memuat unsur-unsur yang terdapat dalam teks eksplanasi kompleks, baik itu struktur isi maupun struktur bahasa. Beberapa karangan siswa juga cenderung mengarah pada bentuk narasi. Selain itu, terdapat keragaman topik yang digunakan siswa, baik siswa jurusan IPA maupun siswa jurusan IPS menjadi salah satu ciri yang muncul pada karangan teks ekspalanasi kompleks siswa kelas XI SMA Negeri1 Garum.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dua rumusan masalah, yaitu (1) ciri struktur isi teks eksplanasi kompleks yang meliputi, pernyataan umum, deret penjelas, dan interpretasi dan (2) ciri unsur kebahasaan teks eksplanasi kompleks yang meliputi, penggunaan istilah,penggunaan konjungsi kalimat, dan pola pengembangan paragraf.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Desain penelitian yang digunakan adalah studi dokumen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Garum, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Data penelitian berupa empat puluh satu teks eksplanasi kompleks karangan siswa kelas XI jurusan IPA dan jurusan IPS SMA Negeri 1 Garum. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IPA dan jurusan IPS SMA Negeri 1 Garum tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan berupa instrumen kunci dan instrumen pelengkap. Instrumen kunci dari penelitian ini adalah guru bahasa indonesia, sedangkan instrumen pelengkap berupa perintah menulis teks eksplanasi kompleks dan panduan analisis yang berisi aspek ciri dan deskriptor bagian-bagian teks eksplanasi kompleks secara terperinci.

Analisis ciri teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI menghasilkan dua kesimpulan. Pertama,ciri struktur isi teks eksplanasi kompleks. Ditemukan dua cara siswa dalam menyusun pernyataan umum, yaitu pola definisi dan pola penunjuk topik, akan tetapi kedua cara ini diuraikan dengan pola yang beragam dan terdapat pula pola penggabungan kedua ciri. Ditemukan empat cara