DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Trigonometridengan Pendekatan GameBased Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi MatematisSiswa SMAN4 Malang.

Rossi Setya Fatmasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Representasi merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi jalannya kegiatan 5M dari tahapmengamati, hingga siswa dapat menyampaikan idenya pada tahap komunikasi.Siswadapat mengembangkan dan memperdalam pemahaman merekadengan representasi. Representasi dapat dianggap sebagai suatu aktivitas untuk mendapatkan konsepatau hubungan dimatematika dalam bentuk tertentu. Siswaperlu memahami bahwamenuliskan representasi dariide matematika mereka adalah pentingdalammempelajari matematikaitu sendiri. Kurangnyakemampuan representasimatematis padamateri trigonometri siswa SMAN4 Malangmenyebabkan kemampuan merekadalam memahami materi dan menyelesaikan masalah rendah. Padahal, materi trigonometridi semester 2 untuk siswaprogram MIPA adalah pentingdan diterapkan padasemester3dan 4 sertamatapelajaran lainyaitufisika. Selain itu, karakteristik siswakelas E angkatan 2016/2017yangtergolongprogram MIPA adalahmudah bosan dalam mengikuti pembelajaran.Oleh sebab itu, melaluiGameBased Learning berdasarkan tahapan dienesyangdidalamnyamemuat tahapan representasi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan representasi matematissiswa.

Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan Gamebased learning yangdisusun berdasarkan tahapan Dienesuntuk meningkatkan kemampuan representasi matematissiswa. Metode penelitianyangdigunakan adalah penelitian tindakan kelas(PTK)denganmodel Kemmis danTaggart. Datayang dikumpulkan padapenelitian iniantaralain adalahhasilvalidasi perangkatdan instrumen,hasilobservasiaktivitassiswadan guru,hasilwawancarasiswa,dan hasiltes akhir siklus siswaberupajawaban dan skor siswa.Analisisdata dilakukan secarakualitatif dan kuantitatif.Padapenelitian ini, telah dilakukan duasiklus untuk bisa mencapai kriteria keberhasilan tindakan.

Berdasarkan hasilpenelitian ini, pembelajaran menggunakan game

based learning mampumeningkatkan kemampuanrepresentasimatematis siswa. Sesuai dengan hasilketerlaksanaan pembelajaranyangdilihat dari aktivitas guru dan siswaberturut-turut mencapai kategori baik dan sangat baik.Hasil

wawancaramenunjukkanbahwa7 siswadari 10 siswamengaku pembelajaran yangsilakukan sangat menyenangkan dan ingin diulangkembaliuntukmateri lain. Selain itu siswajugamampu menjelaskan hasildari jawabantes akhir siklus

mereka.Hasiltes representasi siswatelah terjadi peningkatan dari 73,33%pada siklusImenjadi86,67%padasiklusII. Adapun tahapan pembelajaran

menggunakan gamebased learning yangdapat meningkatkan kemampuan represntasi siswa adalah:pembentukan kelompok heterogenyangterdiridari 5 siswadalam setiap kelompoknya; (2) tahapan permainan bebas dimanasiswa dengan kreatifitasnya.sendiri membuat representasi tanpaterikat aturan;(3) tahap permainanyaitu tahapan ketikasiswamulai bermain dengan aturanyang diberikan untuk mencari pola keteraturan dari masalah; (4) tahap representasi siswamengembangkansuatu representasi dari permainan; (5)tahapsimbolisasi dimanasiswamulai membuat rumusan secaraverbal maupun tertulis dari representasiyangdiperoleh; (6) tahap formalisasisiswamulai mebuat kesimpulan darihasilpermainan; (7)presentasi untukmengetahui hasil kerja siswa; dan(8) refleksihasilbelajar