DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Saintifik dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Komunikasi, Kemampuan Kolaborasi, Kemampuan Metakognisi, dan Pemahaman Konsep Fabrikasi Mahasiswa Program Pendidikan Vokasi Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri S

Perpus UM

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan vokasi diselenggarakan di berbagai Perguruan Tinggi di Indoesia. Salah satunya adalah Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Berdasarkan laporan hasil evaluasi diri ditemukan beberapa kelemahan pada lulusan, terutama kemampuan komunikasi, kolaborasi, dan kemampuan metakognisinya yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan tersebut melalui pengembangan perangkat pembelajaran yang layak dan efektif.

            Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan Four D Model (Thiagarajan at.all, 1974), yang meliputi empat langkah yakni define, design, develop, dan disseminate. Uji kelayakan perangkat pembelajaran dilakukan dengan expert judgement, sedangkan uji efektivitas perangkat pembelajaran dilakukan ujicoba melalui penelitian Quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, tes, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, dan analisis  kovarian (anakova) dengan SPSS 22.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan (RPS, SAP, Modul Fabrikasi, LKM, dan instrument penilaian autentik berbasis web) terbukti layak, dan mendapatkan respon yang baik dari mahasiswa penggunanya. Demikian juga hasil analisis kovarian dengan pendekatan saintifik sebagai covariat didapatkan semua angka Sig.nya < 0.05. Hal ini berarti bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan terbukti efektif dan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi, kolaborasi, metakognisi dan pemahaman konsep fabrikasi mahasiswa.

            Disarankan: (1) kepada pengajar pada Program Pendidikan Vokasi Jurusan Teknik Mesin aUnesa agar perangkat pembelajaran ini terus digunakan agar dapat menjadi alternatif solutif dalam mengantisipasi rendahnya kemampuan komunikasi, kolaborasi dan kemampuan metakognisi lulusan; (2) kepada lembaga Unesa, pemanfaatan produk hasil penelitian memerlukan pembiasaan, dan dukungan IT terutama internet agar pembelajaran dapat berlangsung optimal; (3) kepada mahasiswa, e-portofolio perlu peran aktif untuk berkomunikasi dalam forum diskusi agar dapat optimal pengembangan kemampuan komunikasi, kolaborasi, metakognisi dan pemahaman konsep fabrikasinya; (4) diseminasi penggunaan e-portofolio dalam kegiatan perkuliahan untuk melatih kemampuan metakognitif mahasiswa perlu lebih dioptimalkan, dengan cara mempergunakan sarana tersebut pada mata kuliah yang lain.