DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media petak untuk meningkatkan pemahaman konsep keliling bangun datar pada siswa kelas III SDIT Ibnu Hajar Batu

siti walidah riska

Abstrak


ABSTRAK

 

Riska, Siti Walidah. 2017.  Pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media petak untuk meningkatkan pemahaman konsep keliling bangun datar pada siswa kelas III SDIT Ibnu Hajar Batu. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Subanji, M.Si., (2) Dr.Edy Bambang Irawan, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pendekatan RME, Media Petak, Pemahaman Konsep, Keliling Bangun Datar

 

Matematika merupakan salah satu ilmu yang menuntut keterampilan tinggi yang melibatkan pemikiran kritis, sistematis, logis, kreatif, sehingga untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika, perlu dilakukan dengan berbagai cara. Siswa harus memahami konsep matematika terlebih dahulu agar dapat menyelesaikan soal-soal dan mampu mengaplikasikan pembelajaran. Konsep-konsep dalam matematika terorganisasikan secara sistematis, logis, dan hirarkis dari yang paling sederhana ke yang paling kompleks. Pemahaman terhadap konsep-konsep matematika merupakan dasar untuk belajar matematika secara bermakna. Beberapa siswa kelas III SDIT Ibnu Hajar Batu masih kesulitan mengaplikasikan konsep rumus dalam menyelesaikan permasalahan, khususnya pada soal cerita. Dalam proses pembelajaran guru cenderung tidak melibatkan siswa dalam menemukan sendiri konsep rumus yang akan diajarkan. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu diterapkan pembelajaran dengan pendekatan RME berbantuan media petak.

Para ahli menyatakan dalam pembelajaran RME, matematika adalah aktivitas manusia yang berhubungan dengan realitas. Masalah konteks  adalah berdasarkan pengalaman nyata kepada siswa, digunakan sebagai titik awal dalam belajar. Dalam pembelajaran matematika yang masih abstrak tentunya dibutuhkan media pembelajaran sebagai sarana dalam memahamkan materi yang akan disampaikan guru kepada siswa. Materi pelajaran yang bersifat abstrak dalam pembelajaran dapat disampaikan dengan menghadirkan media sebagai perantara.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan pendekatan RME berbantuan media petak yang dapat meningkatkan pemahaman konsep keliling bangun datar siswa kelas III SDIT Ibnu Hajar Batu. Tindakan dalam penelitian ini terdiri dari empat langkah yaitu; (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.

Penelitian dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran RME berbantun media petak yaitu; (a) membuat masalah kontekstual dengan media petak, (b) memahami masalah kontekstual dengan media petak, (c) menyelesaikan masalah kontekstual dengan media petak, (c) membandingkan dan mendiskusikan jawaban, (d) menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan pemahan konsep matematika siswa pada tes evaluasi akhir siklus I dan siklus II mencapai ketuntasan 60% dan 80%. Hasil wawancara menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan RME berbantuan media petak dapat membangun konsep keliling bangun datar dan siswa senang terlibat aktif dalam pembelajaran.

Saran yang dapat diberikan yaitu pembelajaran dengan pendekatan RME dapat diterapkan pada materi lain dengan menggunakan media lain sebagai penunjang pembelajaran.