DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Balikan dan Motivasi Berprestasi terhadap Pemahaman danPenerapan Konsep Pancasila Pada Pembelajaran PPKn ModelInkuiriJurisprudensiDiSMK.

Sumarno Sumarno

Abstrak


ABSTRAK 

 

Sumarno. 2017. Pengaruh Strategi Balikan dan Motivasi Berprestasi terhadap Pemahaman  danPenerapan  Konsep  Pancasila  Pada  Pembelajaran PPKn ModelInkuiriJurisprudensiDiSMK. Pembimbing: (I)Prof.Dr. Punaji Setyosari,M.Ed.,M.Pd.,(II)Prof.Dr.Hariyono,M.Pd.,dan(III) IWayan Dasna,M.Si.,M.Ed.,Ph.D

 

Katakunci:strategibalikan,motivasiberprestasi,pemahamandanpenerapan

 

Pembelajaran konsep nilai-nilai Pancasila danKewarganegaraan(PPKn) dilembaga-lembaga pendidikan formal atau sekolah menurutY.B Adimas sana (2000:32) terdapat permasalahan penting,diantaranya adalah hasil pembelajaran Pancasila danKewarganegaraan(PPKn) disekolahformalterdapatkesenjangan hasilbelajar kognitif “pemahaman” dan“penerapan” konsepnilai-nilaiPancasila. Keberhasilan kemampuan “pemahaman” tidak diikutikemampuan ”penerapan”. Tujuanpenelitianadalahuntuk mengujiapakah terdapat:(1) perbedaanhasil belajar pemahaman dan penerapan konsep ideologi Pancasila antara   kelompok pesertadidik yang diberiperlakuan strategi balikan langsung dan tidak langsung pada pembelajaran PPK nmodel inquiry jurisprudensi;(2)perbedaan hasilbelajar pemahamandanpenerapankonsep ideologi Pancasila antara kelompokpeserta didikyang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah pada pembelajaran  PPKn  model Inquiri Jurisprudensi dan  (3)  pengaruh  interaksi antara  strategi balikanlangsung-tidaklangsung danmotivasi berprestasitinggi-rendahterhadap hasilbelajar pemahamandanpenerapankonsep ideologi Pancasila pada pembelajaranPPKnmodelInquiriJurisprudensi?

Rancangan penelitianyang  digunakan adalah rancangan eksperimen semu (quasi-experiment)jenis pretes-posttestnonequivalen controlgroupdengan factorial2x2. Subjekpenelitian iniadalahpeserta didik SMK kelassepuluh berjumlah 680anak yang  terbagi menjadi 22 rombongan belajar atau kelas. Sampelpenelitiandiambildengantekniksampling kelompok(cluster)sebanyak empat(4)rombelataukelasdengan jumlahkeseluruhan102peserta didik. Rombonganbelajar terpilih1dan2atauberjumlah50peserta didikdijadikan kelompok eksperimen dan rombongan belajar 3 dan 4 berjumlah 52 peserta didik dijadikan sebagaikelompok kontrol.Instrumen untuk mengumpulk