DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI MATA PELAJARAN PJOK TINGKAT SLTA

EKA NOVIA SETYORINI

Abstrak


ABSTRAK

 

Novia Setyorini, Eka. 2017. Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Bermain Bolavoli Tingkat SLTA. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd., (2) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes.

 

Kata kunci: pengembangan, instrumen penilaian keterampilan, bolavoli

 

Penelitian pendahuluan yang telah dilakukan pada bulan Oktober 2017 yaitu menyebarkan angket kepada pendidik PJOK di wilayah Kabupaten Malang dan melakukan observasi teknik bolavoli yang sering digunakan saat peserta didik kelas X IPA 3 bermain bolavoli di SMAN 1 Turen. Hasil dari peneletian di atas adalah butir tes yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini adalah passing bawah, serve bawah, dan serve atas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes keterampilan bermain bolavoli di tingkat SLTA. Penelitian yang dilaksanakan di SMAN Kabupaten Malang ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: (1) mempelajari masalah atau kebutuhan dibuatnya tes, (2) menganalisis keterampilan yang akan diukur, (3) menentukan butir tes eksperimen, (4) membuat petunjuk tertulis pelaksanaan tes, (5) memilih dan menentukan kriterion, (6) memilih orang coba yang akan digunakan, (7) menentukan reliabilita dari masing-masing butir tes, dan (8) menetukan validitas dari masing-masing butir tes. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Selain itu peneliti juga melakukan analisis untuk mengetahui validitas, reliabilitas, dan obyektifitas tes.

Hasil uji coba lapangan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) validitas butir tes passing bawah adalah 0,75 untuk peserta didik putra dan 0,74 untuk peserta didik putri, (2) validitas butir tes serve  bawah adalah 0,80 untuk peserta didik putra dan 0,74 untuk peserta didik putri, (3) validitas butir tes serve atas adalah 0,73 untuk peserta didik putra dan 0,71 untuk peserta didik putri, (4) reliabilitas butir tes passing bawah adalah 0,81 untuk peserta didik putra dan 0,84 untuk peserta didik putri, (5) reliabilitas butir tes serve bawah adalah 0,82 untuk peserta didik putra dan 0,81 untuk peserta didik putri, (6) reliabilitas butir tes serve atas adalah 0,85 untuk peserta didik putra dan 0,84 untuk peserta didik putri, (7) obyektifitas butir tes passing bawah adalah 0,82 untuk peserta didik putra dan 0,80 untuk peserta didik putri, (8) obyektifitas butir tes serve bawah adalah 0,84 untuk peserta didik putra dan 0,81 untuk peserta didik putri, (9) obyektifitas butir tes serve atas adalah 0,80 untuk peserta didik putra dan 0,78 untuk peserta didik putri, (10) validitas pada tes berangkai adalah 0,79 untuk peserta didik putra dan 0,74 untuk peserta didik putri.

Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa ketiga butir tes memiliki kriteria validitas baik sehingga layak digunakan sebagai instrumen tes keterampilan bermain bolavoli tingkat SLTA. Saran-saran peneliti dalam pengembangan penelitian ini menuju ke arah lebih lanjut, sebagai berikut: (1) subjek penelitian diharapkan lebih luas, dan (2) produk instrumen tes tersebut dapat dijadikan acuan merancang instrumen tes untuk para pendidik PJOK.