DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Artikel untuk Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa S1

Degita Danur Suharsono

Abstrak


ABSTRAK

 

Suharsono, Degita Danur. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Artikel untuk Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa S1. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd., (2) Dr. Martutik, M.Pd.

 

Kata kunci: bahan ajar, menulis artikel, publikasi ilmiah

 

Publikasi ilmiah penting bagi mahasiswa program sarjana sebagai syarat kelulusan. Tuntutan publikasi ilmiah untuk mahasiswa program sarjana telah diputuskan dalam Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) nomor 152/E/T/2012 tanggal 27 Januari 2012. Oleh karena itu, mahasiswa program sarjana perlu memiliki kompetensi menulis artikel untuk publikasi ilmiah. Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi hasil analisis kebutuhan dan observasi yang menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam menulis artikel untuk publikasi ilmiah. Selain itu, berdasarkan hasil penyebaran angket menunjukkan bahwa 92,5% mahasiswa membutuhkan bahan ajar yang dapat memandu dalam menulis artikel untuk publikasi ilmiah. Kedua hal tersebut menjadi acuan peneliti mengembangkan bahan ajar menulis artikel untuk publikasi ilmiah. Pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa program sarjana dalam menulis artikel untuk publikasi ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar menulis artikel untuk publikasi ilmiah bagi mahasiswa S1 dan (2) menghasilkan buku panduan penggunaan bahan ajar menulis artikel untuk publikasi ilmiah.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan R2D2. Model pengembangan R2D2 terdiri atas tiga fokus, yaitu fokus penetapan, fokus perancangan, dan fokus desiminasi. Fokus penetapan meliputi penetapan rancangan produk, penetapan tim partisipan, dan penetapan tim ahli. Fokus perancangan meliputi penyusunan produk, uji produk, dan revisi produk. Fokus desiminasi adalah kegiatan penerbitan produk. Jenis data penelitian ini terdiri atas data verbal dan numerik. Data verbal berupa deskripsi informasi tulis dan lisan yang diperoleh dari hasil observasi, telaah dokumen, catatan lapangan, dan uji produk. Data numerik berupa skor yang diperoleh dari hasil penyebaran angket analisis kebutuhan, uji validasi produk, dan tes. Analisis data verbal meliputi pengklasifikasian data dan pengambilan simpulan. Analisis data numerik menggunakan perangkat lunak SPSS 16.

Penelitian ini menghasilkan (1) bahan ajar menulis artikel untuk publikasi ilmiah yang sudah melalui uji produk dan (2) buku panduan penggunaan bahan ajar menulis artikel untuk publikasi ilmiah. Bahan ajar ini berisi materi pembelajaran menulis artikel untuk publikasi ilmiah yang dilengkapi kompetensi, indikator pembelajaran, tujuan pembelajaran, contoh, dan latihan. Organisasi penyajian bahan ajar ini terdiri atas empat bagian, yaitu bagian kulit bahan ajar, bagian depan bahan ajar, bagian inti bahan ajar, dan bagian belakang bahan ajar. Bahasa yang digunakan dalam bahan ajar memperhatikan kriteria komunikatif dan penulisan. Tampilan bahan ajar terdiri atas tipografi, ilustrasi, dan komposisi warna. Bahan ajar dikemas dalam dua bentuk, yaitu cetak dan digital. Bahan ajar ini telah divalidasi oleh ahli bahan ajar dan materi pembelajaran. Hasil validasi bahan ajar memperoleh kriteria validitas 83,5% dan tingkat validitas cukup valid dengan revisi kecil. Hasil validasi materi pembelajaran memperoleh kriteria validitas 80% dan tingkat validitas cukup valid dengan revisi kecil. Berdasarkan hasil uji keefektifan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar memiliki pengaruh dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa menulis artikel untuk publikasi ilmiah.

Bahan ajar menulis artikel untuk publikasi ilmiah memiliki kekuatan dan kelemahan. Kekuatan bahan ajar adalah telah melalui uji produk. Kelemahan bahan ajar adalah belum seluruh latihan melalui uji keefektifan. Selain itu, bahan ajar ini memiliki tiga kekhasan, yaitu disusun berdasarkan kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran menulis artikel untuk publikasi ilmiah, bahan ajar bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa menulis artikel untuk publikasi ilmiah, dan bahan ajar memiliki keefektifan meningkatkan kompetensi mahasiswa menulis artikel untuk publikasi ilmiah. Bahan ajar dapat digunakan sebagai alternatif bahan pembelajaran menulis artikel untuk publikasi ilmiah dan bahan bacaan bagi mahasiswa pascasarjana.

Antisipasi pengembangan bahan ajar perlu dilakukan peneliti untuk mengantisipasi adanya pengembangan bahan ajar serupa. Ada tiga kegiatan anitisipasi pengembangan bahan ajar, yaitu inovasi bahan ajar secara berkala, pengajuan permohonan ISBN, dan pemasaran kreatif. Simpulan penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar menulis artikel untuk publikasi ilmiah tergolong layak dan efektif untuk digunakan. Implikasi dari penelitian ini adalah kompetensi mahasiswa dalam menulis artikel untuk publikasi ilmiah meningkat dengan adanya bahan ajar. Bahan ajar ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen dalam meningkatkan kompetensi menulis artikel untuk publikasi ilmiah.