DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Script dipadu Reciprocal Teaching terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif dan Retensi pada Siswa Berkemampuan Akademik Rendah Kelas XI di Kota Kendari

Andi Besse Tenriawaru

Abstrak


ABSTRAK

 

Tenriawaru, Andi Besse. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Script dipadu Reciprocal Teaching terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif dan Retensi pada Siswa Berkemampuan Akademik Rendah Kelas XI di Kota Kendari. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima, M.Pd., (II) Dr. H. Abdul Gofur, M.Pd.

 

Kata kunci: cooperative script, reciprocal teaching, keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, retensi

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Cooperative Script (CS) dipadu Reciprocal Teaching (RT) terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif dan Retensi Siswa Berkemampuan Akademik Rendah Kelas XI di Kota Kendari. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan pretest-posttest non-equivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran Cooperative Script dipadu Reciprocal Teaching sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif dan retensi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Kota Kendari semester ganjil dan genap tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah yang terdiri dari 13 siswa, kelas XI IPA MA Darul Mukhlisin yang terdiri dari 17 siswa, kelas XI IPA MA Asy-Syafi’iyah yang terdiri dari 10 siswa dan kelas XI IPA MA DDI Labibia yang terdiri dari 14 siswa. Penelitian ini terdiri dari 3 kelas eksperimen dan 1 kelas konvensional. Data diperoleh dari hasil pretest, posttest dan tes retensi. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0,05 (p < 0,05). Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji normalitas data dengan uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas data dengan Levene Test of Equality of Error Variances.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa berkemampuan akademik rendah. Pembelajaran CS dipadu RT menunjukkan potensi yang tertinggi dalam memberdayakan keterampilan metakognitif siswa dibandingkan pembelajaran CS, RT dan konvensional. (2) Srategi pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa berkemampuan akademik rendah. Pembelajaran CS dipadu RT menunjukkan pencapaian hasil belajar kognitif siswa secara signifikan lebih tinggi dibandingkan ketiga pembelajaran lainnya, sedangkan pencapaian hasil belajar kognitif siswa pembelajaran CS dan RT tidak berbeda signifikan namun lebih baik dari pembelajaran konvensional. (3) Strategi pembelajaran berpengaruh terhadap retensi siswa berkemampuan akademik rendah. Pembelajaran CS dipadu RT menunjukkan potensi dalam memberdayakan retensi siswa tidak berbeda signifikan dengan pembelajaran CS maupun RT namun lebih baik dari pembelajaran konvensional.