DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Teknik Kuratif Mewarnai Design, Plaid Design dan Kertas Kosong untuk Mengurangi Kecemasan Sosial Pada Mahasiswa

firstalenda susgaleni

Abstrak


ABSTRAK

 

Susgaleni, Firstalenda. 2017. Keefektifan Teknik Kuratif Terapi Mewarnai Design, Plaid Design dan Kertas Kosong untuk Mengurangi Kecemasan Sosial Pada Mahasiswa. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbinga : (1) Dr. IM Hambali, M.Pd. (II) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si.

 

Kata Kunci : Kecemasan Sosial, Mandala Design, Plaid Design, Kertas Kosong

 

Kecemasan adalah keadaan yang khawatir seperti mengeluh bahwa akan ada sesuatu yang buruk dan menghindari sesuatu yang tidak disukai. Kecemasandapat mengganggu dalam kehidupan sehari-hari, namun banyak individu tidak menyadari bahwa mereka mengalami kecemasan. Ciri-ciri orang yang mengalami kecemasan dapat dilihat dari ciri-ciri fisik, behavioral dan kognitif.

Penelitian ini membahas tentang kecemasan sosial, kecemasan yang irasional  karena adanya orang lain seperti takut berbicara di depan umum, menghindari bertemua dengan orang baru dan tidak mau berjauhan dengan teman lama dan akrab dengannya. Subjek peneliti adalah mahasiswa S1 Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang, mereka adalah calon konselor prfesional maka harus memiliki social skill yang baik.

Diperlukan teknik kuratif untuk mengurangi kecemasan sosial, teknik kuratif yang digunakan adalah terapi mewarnai mandala design, plaid design dan kertas kosong. Mewarnai dapat membantu seseorang lebih rileks, fokus dan mampu mengekspresikan emosi. Mandala Design digunakan Jung untuk terapi karena desainnya mampu menghipnotis seseorang untuk meditasi dan memperbaiki diri ke arah yang lebih baik. Plaid design berupa kotak-kotak dapat membantu seseorang memetak-metakkan masalah yang sedang ia hadapi. Mewarnai kertas kosong mampu mengekspresikan dengan bebas emosi yang selama ini terpendam.

Hasil analisis data pretest dan posttest adalah uji Uji Wilcoxon Signed-Rank melalui SPSS 22 for windows dengan hasil siginifikansi adalah 0,008 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa teknik kuratif mewarnai mandala design, plaid design dan kertas kosong efektif untuk mengurangi kecemasan sosial pada mahasiswa.

Kesimpulan penelitian ini, dapat disarankan bahwa (1) untuk mengurangi kecemasan sosial dapat menggunakan teknik kuratif terapi mewarnai mandala design, plaid design dan kertas kosong. (2) Sebagai alternait untuk mengurangi kecemasan sosial dengan kegiatan yang menyenangkan karena didorong oleh diri sendiri untuk berubah lebih baik.