DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

validitas alat evaluasi tes psikomotorik mata pelajaran pjok dalam permainan bolabasket smpn di kota malang

rifky dwi ananda

Abstrak


ABSTRAK

 

Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam proses pembelajaran seharusnya dilaksanakan secara sistematis dan terencana. Proses penilaian dan evaluasi sangat penting untuk mengetahui apakah tujuan sudah tercapai atau belum tercapai. Penilaian dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dilakukan dengan mengumpulkan data tentang penguasaan keterampilan. Tenaga pendidik diharapkan lebih profesional dalam menyusun perencanaan penilaian dan menyusun instrumen penilaian hingga melaporkan hasil penilaian berdasarkan prosedur penilaian kompetensi keterampilan yang sudah ada.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, reliabilitas, dan objektivitas alat evaluasi tes keterampilan psikomotorik yang digunakan oleh guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Malang pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi bola besar permainan bolabasket.

Penelitian ini menggunakan rancangan survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Jumlah sampel penelitian tes dribble kombinasi underring shoot sebanyak 30 siswa kelas VIII disetiap sekolah. Pemilihan calon sampel siswa dipilih dengan menggunakan metode proportional random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan observasi terhadap unjuk kerja gerakan terkait penilaian proses dan mengamati kinerja testi. Observasi yang digunakan dalam penelitian ini bersifat partisipan pasif jenis terstruktur. Dokumentasi dijadikan peneliti sebagai data primer dan sekunder sebagai data pendukung hasil observasi. Analisis validitas tiap butir-butir tes menggunakan teknik korelasi produk moment dari pearson, Analisis untuk menentukan reliabilitas tiap butir tes pada penelitian ini menggunakan test retest.

Hasil penelitian pada aspek validitas tes keterampilan dribble kombinasi underring shoot bolabasket pada SMPN 8 Malang, SMPN 11 Malang, SMPN 15 Malang kategori “dapat diterima”, SMPN 22 Malang dan SMPN 24 Malang termasuk dalam kategori “rendah sekali”. Hasil pada komponen reliabilias pada SMPN 8 Malang dan SMPN 15 Malang kategori “dapat diterima”, SMPN 11 Malang kategori “sangat baik”, SMPN 22 Malang dan SMPN 24 Malang kategori “rendah”. Hasil pada komponen objektivitas  pada SMPN 8 Malang dan SMPN 24 Malang kategori “dapat diterima”, SMPN 11 Malang, SMPN 15 Malang, dan SMPN 22 Malang termasuk dalam kategori “rendah”. Perlu adanya perbaikan butir-butir tes yang masih dalam validitas reliabilitas, dan objektivitas rendah. Dilakukan penelitian lebih lanjut tekait dengan pengembangan instrumen tes psikomotorik yang mempunyai nilai validitas, reliabilitas, dan objektivitas yang baik.