DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Learning Log Mahasiswa PGSD sebagai Wujud Literasi untuk Belajar

Indah Tri Setyorini

Abstrak


ABSTRAK

 

Tri Setyorini, Indah. 2017. Pemanfaatan Learning Log Mahasiswa PGSD sebagai Wujud Literasi untuk Belajar. Tesis, Pascasarjana Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suyono, M.Pd., (II) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd.

 

Kata kunci: learning log, literasi untuk belajar, mahasiswa PGSD, literasi mahasiswa

 

Literasi berperan penting dalam pembelajaran. Menyadari hal tersebut, pemerintah mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah pada setiap jenjang satuan pendidikan formal mulai dari pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Oleh sebab itu, perlu adanya kesiapan seluruh elemen pelaksana program tersebut. Pendidikan tinggi sebagai tempat untuk menempa calon guru sekolah dasar melalui Pendidikan Guru Sekolah Dasar berpeluang untuk menanamkan dan menumbuhkembangkan literasi di kalangan mahasiswa. Dengan pembiasaan literasi tersebut diharapkan dapat menjadi budaya yang terbawa hingga kelak menjadi guru di sekolah dasar.

Mahasiswa PGSD memanfaatkan literasi secara strategis untuk belajar yang diwujudkan melalui tulisan dalam suatu learning log. Pada umumnya log ditulis secara visual berupa catatan jurnal belajar yang bisa menjadi bagian integral dari program pengajaran dan pembelajaran dan memiliki dampak besar pada motivasi mereka untuk mengembangkan pelajar yang lebih mandiri. Log dapat dijadikan sebagai bukti fisik keberadaan literasi untuk belajar, yang mudah dijumpai dalam pembelajaran di kampus. Dengan memahami learning log mahasiswa, pemangku kepentingan secara tidak langsung akan dapat mengetahui kemampuan literasi mahasiswa calon guru sekolah dasar. Hasil pengamatan pada penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa perkuliahan dilaksanakan dengan metode pembelajaran yang bervariasi antara lain metode ceramah, proyek, problem solving, dan diskusi. Dari beragam metode pembelajaran tersebut, mahasiswa memperoleh bahan materi belajar yang kemudian direkam dalam tulisan log.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang learning log mahasiswa PGSD beserta pemanfaatannya. Learning log tersebut dipaparkan dengan tiga fokus penelitian mencakup (1) proses penyusunan, (2) wujud dokumentasi, dan (3) sumbangan yang bermanfaat proses penyusunan learning log pada hasil belajar mahasiswa PGSD. Proses penyusunan log meliputi segala kegiatan mahasiswa yang dilakukan untuk menyusun learning log. Proses tersebut menghasilkan sebuah log yang siap digunakan. Wujud dokumentasi pada masing-masing subjek ditentukan oleh bagaimana dan dengan apa ia mengekspresikan dirinya dalam tulisan log. Dengan learning log yang telah tersusun, subjek penelitian memperoleh manfaat untuk kehidupannya baik dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dapat diketahui dari prestasi yang diperolehnya dengan memanfaatkan learning log.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan deskriptif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus. Pada penelitian ini melibatkan sepuluh subjek penelitian yang terpilih atas dasar kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Kualifikasi tersebut sebagai berikut: (1) mahasiswa telah melalui pembelajaran dalam perkuliahan yang ditempuh selama 5 semester yang berarti pada saat diteliti mahasiswa berada pada semester 6, (2) mahasiswa dalam perjalanan kuliahnya memiliki rekam proses pembelajaran dan prestasi selama kuliahnya, (3) mahasiswa memiliki pengalaman pembelajaran di masa lalu, (4) mahasiswa memiliki target belajar kedepannya, dan (5) memiliki catatan belajar (learning log). Data akan dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian studi kasus ini nantinya tidak bertujuan untuk generalisasi sebab penelitian ini berdasarkan pada gejala yang muncul hanya pada 10 orang yang menjadi subjek penelitian. Lokasi penelitian berada di kampus PGSD Universitas Negeri Malang yang berada di Kota Blitar dan Kota Malang. Waktu pelaksanaan penelitian berlangsung selama 4 bulan sejak Bulan Januari hingga Bulan April.

Hasil pengamatan menunjukkan menunjukkan beberapa temuan sebagai berikut: (1) sarana dan prasarana, (2) kemampuan mahasiswa, (3) motivasi, (4) mahasiswa melakukan suatu pola kegiatan belajar dan pola tersebut terkait kegiatan membaca dan menulis, dan (5) mahasiswa menghasilkan beragam tulisan baik secara konvensional maupun digital. Ketersediaan sarana dan pra sarana yang digunakan mahasiswa memadai. Hampir seluruh mahasiswa mendapatkan akses informasi untuk mendukung pembelajaran. Mereka memiliki minimal satu alat elektronik untuk menunjang kebutuhan belajarnya. Kemampuan mahasiswa menulis cukup baik yang ditunjukkan dengan adanya karya tulis dokumen belajar. Adanya karya tulis menjadi salah satu indikator prestasi belajar seseorang. Motivasi baik dari dalam maupun dari luar pribadi mahasiswa. Motivasi memberikan suatu energi bagi seseorang untuk melaksanakan suatu tugas. Demikian halnya motivasi bagi diri mahasiswa, motivasi memberikan semangat untuk belajar dengan membaca dan menulis. Sedangkan pola yang nampak pada kegiatan literasi siswa, menunjukkan tahapan serupa dalam belajar. Hasil belajar yang dihasilkan berupa karya tulis dimanfaatkan tidak hanya untuk belajar akan tetapi juga dimanfaatkan untuk menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) mahasiswa PGSD menyusun learning log dengan tiga tahapan , yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap tindak lanjut yang semua itu nampak dari pola belajar yang dilakukan; (b) ada tiga jenis wujud dokumentasi yang ditinjau berdasarkan format, konten dan teknik dokumentasi; (c) learning log merupakan salah satu cerminan kegiatan literasi untuk belajar pada mahasiswa yang memberi sumbangan yang bermanfaat pada hasil belajar mahasiswa PGSD yang ditunjukkan dari prestasi akademik berupa indeks prestasi dan karya tulis ilmiah, dan prestasi umum berupa karya tulis untuk kepentingan pribadi dan karya tulis untuk kepentingan khalayak ramai.