DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemahaman atas Kualitas Audit dari Perspektif Auditor di Inspektorat Kota Balikpapan

Chairunnisa Arumsari

Abstrak


ABSTRAK

 

Arumsari, Chairunnisa. 2017.  PemahamanatasKualitas Audit dariPerspektif Auditor di Inspektorat Kota Balikpapan. Tesis. Jurusan Akuntansi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. EkaAnantaSidharta, S.E., M.M., Ak, CA. (II) Dr. DodikJuliardi, S.E., M.M., Ak

 

Kata Kunci : Pemahaman Auditor, Kualitas Audit

 

Audit merupakan salah satu elemen penting dalam terciptanya kepemerintahan yang baik (Good Govermance).  Dalam lembaga pemerintahan audit diwakili oleh BPK dan Inspektorat sebgai audit internal, dan BPK sebagai audit eksternal. Inspektorat sebagai audit internal pemerintah dan merupakan sumber informasi yang penting bagi auditor eksternal (BPK) dan menjadi ujung tombak dalam pengelolaan keuangan daerah, karena hasil audit yang berkualitas merupakan sumber informasi penting dalam memberikan keyakinan kepada pihak pemerintah, DPRD, dan BPK. Maka dari itu seluruh lembaga audit pemerintah harus memaksimalkan proses untuk menunjang hasil yang berkualitas, termasuk Inspektorat Kota Balikpapan. Faktanya, kualitas audit di Inspektorat Kota Balikpapan menjadi sorotan, karena masih adanya hasil temuan yang tidak terdeteksi oleh inspektorat Kota Balikpapan akan tetapi ditemukan oleh BPK. Dengan adanya temuan BPK tersebut, berarti kualitas audit pada Inspektorat kota Balikpapan dipertanyakan. Maka perlu adanya penelitian yang mengkaji bagaimana pemahaman terkait kualitas audit di Inspektorat Kota Balikpapan. Fakta lainnya, sebagian auditor yang ada memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda satu sama lain. Perbedaan pengetahuan diantara auditor akan berpengaruh terhadap cara auditor menyelesaikan sebuah pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi auditor, yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda, terhadap kualitas audit di Inspektorat Kota Balikpapan.

Hasil penelitian menunjukkan  bahwa auditor yang berada di Inspektorat Kota Balikpapan memiliki pemahaman yang baik tentang kualitas audit. Pemahaman tersebut meliputi pemahaman terhadap tiga standar yang kualitas audit sesuai dengan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SKPN), yaitu standar umum, standar pemeriksaan, dan standar pelaporan. Latar belakang pendidikan yang berbeda dan tidak relevan dengan masalah audit dan keuangan tidak menjadi sebab bagi auditor salah dalam memahami kualitas audit. Hal tersebut disebabkan karena inspkertorat sering kali mengadakan pelatihan tentang audit bagi seluruh auditor yang berada dibawah Inspektorat Daerah Kota Balikpapan. Disamping itu, transfer pengetahuan dari atasan menjadi salah satu penyebab dari baiknya pemahaman auditor terhadap kualitas audit.