DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan Bola Basket Berbasis Afektif dan Tanggung jawab untuk Siswa kelas VIII

angger gorka tejamukti

Abstrak


ABSTRAK

 

Tejamukti,Angger Gorka 2017.PengembanganPermainanBolabasketBerbasisTanggungJawabUntukSiswa SMP Kelas VIII Semester Gasal, Tesis, PendidikanOlahraga, Pascasarjana, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Dr.Supriyadi, M.Kes, (2) Dr. Roesdiyanto, M.Kes.

 

Kata kunci:Bolabasket, Afektif (TanggungJawab)pendidikan jasmani, permainan.

 

Pembelajaran bolabasket dimodifikasi dalam pendidikan olahraga akan menekankan totalitas dalam pengalaman olahraga. Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan dilaksanakan melalui modifikasi permainan bolabasket yang menekankan partisipasi dan pengalamn bagi siswa. Model pengembangan permainan bolabasket dirancang untuk tujuan keaktifan semua siswa sesuai dengan peran yang dimainkan dalam pendidikan olahraga sehingga memberikan waktu latihan yang lebih bagi masing-masing siswa. Perilaku siswa tersebut yang bertentangan dengan nilai-nilai norma dan tidak menunjukkan sikap (afektif) yang sesuai dengan harapan dan tujuan diadakannya pembelajaran pendidikan olahraga.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan yang mengacu pada teori Research and Development Borg dan Gall yang telah dimodifikasi disesuaikan dengan keadaan di lapangan mengacu pada teori Ardhana. Jenis data yang berupa data kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif baik kualitatif maupun kuantitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari ahli permainan, praktisi, pengamat, dan uji coba produk.

Produk akhir yang dihasilkan berupa permainan untuk pembelajaranbolabasketberbasistanggungjawabterhadapsiswa SMP kelas VIII terdapat 5 model permainan BCO (Bounce Chest Overhead pass), BIT (Ball Injury Time), BOB (Ball On the Basket), TPL (Three Point Line) DOT (Drible On Three point). Setiap model permainan ini terdapat gambar model permainan, keterangan gambar, tujuan permainan, jumlah peserta, perlengkapan permainan, pelaksanaan permainan, catatan permainan, peraturan permainan dan penilaian permainan yang dikemas dalam bentuk video dan buku petunjuk pelaksanaan permainan.

Hasil data keseluruhan tinjauan ahli permainan diperoleh hasil75% bermakna “sangat valid”, hasil data praktisi diperoleh hasil80,9%, dan hasil data untuk hasilcobapemakaian rata-rata 4,43%. Pada hasil data uji kelompok kecil diperoleh hasil 88 %, dan data uji kelompok besar diperoleh hasil88%.

Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa permainan untuk materi pembelajaranbolabasket siswa SMP kelas VIII semester layak digunakan. Hasil pengembangan permainan ini hanya sampai pada tersusunnya produk dan tingkatketerlaksanaan produk, belum sampai pada uji efektifitas produk.