DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ternate

Rahmania M. Ahmad

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai sebuah fokus untuk dipelajari. Pembelajaran ini lebih berbasis kepada sebuah penyelidikan terhadap asalah-masalah yang terjadi dilingkungan sekitar siswa dan kemudian dihubungkan dengan konsep pembelajran sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Pembelajaran ini menggunkan masalah sebagai sebuah titik fokus dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat mengembangkan keterampilan proses sains yang dimilikinnya maupun konsep materi tentang pencemaran lingkungan yang diajarkan. Indikator keterampilan proses sains yang harus dikembangkan siswa yaitu merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merencanakan penyelidikan /eksperimen, melakukan penyelidikan/eksperimen, mengamati, mengukur, menginterpretasikan data, mengkomunikasikan, memberi kesimpulan dan membuat laporan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep pencemaran lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ternate.

Metode penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yang pada penelitian ini terdiri atas 12 kelas dengan jumlah siwa 398 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Cluster Sampling, sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas VII A sebagai kelas dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah yang terdiri dari 30 siswa dan kelas B dengan penerapan pembelajaran konvensional yang terdiri dari 30 orang siswa. Intrumen peneltian yang digunakan yaitu soal-soal tes dalam bentuk esay dan tes unjuk kerja berupa rubrik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes.

Pada penelitian ini, hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep materi pencemaran lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ternate. Untuk mengetahui sebarapa besar pengaruhnya, dapat dilihat pada nilai rerata ( ) keterampilan proses pada pembelajaran berbasis masalah yaitu  0,5843 > 0,1490 pada pembelajaran konvensional. Hasil  ini juga diperkuat oleh hasil uji hipotesis keterampilan proses sains siswa yaitu 0,00 < 0,05  yang menunjukkan bahwa H0 ditolak  dan H1 diterima artinya ada perbedaan nilai keterampilan proses sains antara pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. Sedangkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran berbasis masalah