DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASIDI SEKOLAH DASAR UNGGULAN (Studi Multikasus di SDN Jember Lor 03 dan SD Al-Fuqan Jember)

aliza raudha

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

Raudha, Aliza. 2017. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi di Sekolah Dasar Unggulan (Studi Multi Kasus di SDN JemberLor 03 dan SD Al FurqanJember).Tesis, Program StudiPendidikanDasar, Pascasarjana. UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (1) Dr. H. Kusmintardjo, M.Pd., (2) Dr. SyamsulHadi, M.Pd., M.Ed.

 

Kata Kunci:kepalasekolah, pemimpin, manajer, supervisor, sekolahunggulan

 

Sekolah unggulan adalah sekolah memiliki standar tinggi pada prestasi akademis dan mempunyai suatu kultur yang berorientasi tujuan, ditandai dengan adanya rumusan visi yang ditetapkan dan dipromosikan bersama antara tenaga kependidikan, lembaga, dan para siswa. Salah satufaktorpenentutercapainyaprestasisekolahadalahperankepalasekolah.

Berdasarkan konteks tesebut maka peneliti ingin melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana: (1) peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan prestasi di sekolah dasar unggulan, (2) peran kepala sekolah sebagaimana jerdalam meningkatkan prestasi di sekolah dasar unggulan dan (3) peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan prestasi di sekolah dasar ungggulan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilakukan di SDN Jember Lor 03 dan SD Al Furqan Jember dengan menggunakan rancangan Studi Multi Kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalan (indepth interview), (2) observasi partisipan (participant observation), dan (3) studi dokumentasi (study document). Informan dipilih dengan menggunakan teknik pusposive sampling.Informanpadapenelitianiniyaitukepalasekolah, beberapa guru, danpetugastatausaha. Data yang terkumpul melalui teknik tersebut diorganisir, ditafsirkan, dan di analisis dalam bentuk data kasus tunggal untuk selanjutnya ditarik temuan akhir berdasarkan analisis lintas kasus. Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi, verifikasi data/cross check, dan pengecekan mengenai kecukupan referensi.

Berdasarkanpenelitian yang dilakukan, diketahuiperan kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan prestasi di sekolah dasar unggulan yaitu: (a) membangun sukses melalui komitmen dan dedikasi, (b) mengarahkan tenaga pendidik melalui berbagai pembinaan, (c) menjadi teladan dalam disiplin, (d) menggunakan gaya kepemimpinan transformasional dalam berkomunikasi, (e) menggunakan gaya kepemimpinan partisipatif dalam pengambilan keputusan, (f) melakukan berbagai inovasi agar sekolah yang dipimpin menjadi adaptif terhadap kebutuhan, kemajuan, perkembangan, dan harapan masyarakat kekinian, (g) sebagai motivator bagi siswa dan guru untuk berkompetisi, (d) sebagai apresiator bagi prestasi siswa dan guru.

Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan prestasi di sekolah dasar unggulan yaitu: (a) membentuk strukturorganisasi dalam menjalankan tugas manajerial, (b) dalam setiap rapat berperan sebagai disseminator, (c) mengadakan rapat rutin agar tercapai manajemen mutu terpadu pendidikan, (d) melakukan pengawasan terhadap administrasi kelas, (e) melakukan tertib administrasi bagi guru kelas, dan (f) melakukan desentralisasi pendidikan yang ditopang oleh akuntabilitas.

Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan prestasi di sekolah dasar unggulan yaitu: (a) membentuk  tim khusus yang dianggap memahami kondisi sekolah untuk membantu tugas supervisi, (b) melakukan obsevasi pembelajaran yang berlangsung setiap hari, (c) melakukan monitoring yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, (d) melakukan penilaian yang menyangkut rencana pembelajaran yang dibuat guru, pelaksanaan pembelajaran dikelas, kesesuaian pembelajaran dengan rencana pembelajaran dan pemanfaatan media dan metode yang digunakan, (e) meningkatkan prestasi dengan memberikan demostrasi/simulasi pembelajaran bagi guru di kelas, (f) melakukan evaluasi bersama guru sebagai instrospeksi diri, (g) supervisi memberi dampak pada penilaian bagi guru baik dalam hal prilaku, cara bekerja sama maupun kinerja.

Saran peneliti: (a) bagi kepala sekolah SDN Jeber Lor 03 dan SD Al Furqan hendaknnya dapat terus mempertahankan prestasi yang telah diraih, (b) bagi para kepala sekolah agar hasil penelitian ini dapat dijadikan motivasi dalam meningkatkan prestasi agar sekolah yang dipimpinnya menjadi sekolah yang unggul, (c) bagi para guru agar hasil penelitian ini dapat menjadi motivasi dalam menyelesaikan tugas dan mengembangkan prestasi sekolah, (d) bagi orang tua diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan dalam menyekolahkan anaknya di sekolah yang dipimpin oleh kepala sekolah yang tepat, (e) bagi pengelola pendidikan, temuan ini dapat dikelola dengan baik agar dapat digunakan sebagai acuan peran kepemimpinan kepala sekolah, (f) bagi pengembang pendidikan, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam pengembangan ilmu, khususnya bidang keilmuan kepemimpinan pendidikan, manajemen pendidikan dan supervisi pendidikan serta (g) bagi peneliti selanjutnya, hendaknya dapat melakukan penelitian lanjutan dengan konteks yang berbeda.

 

SUMMARY

 

Raudha, Aliza. 2017. Principal Role in Improving Achievement in Pre-Eminent Primary Schools (Multi Case Study at SDN Jember Lor 03 and SD Al Furqan Jember). Thesis, Basic Education Program Study, Postgraduate.State University ofMalang. Advisors:(1) Dr. H. Kusmintardjo, M.Pd., (2) Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed.

 

Keywords:principal, leader, manager, supervisor, pre-eminent school

 

The pre-eminent schools are schools that have high standards of academic achievement and have a goal-oriented culture, marked by the formulation of vision that is set and promoted together among educational personnel, institutions, and students. One of the determinants of school achievement is the role of the principal.

Based on the context of the test, the researcher would like to conduct research that aims to find out how: (1) the role of the principal as a leader in improving achievement in the primary school seeded, (2) the role of the principal as a manager in improving achievement in the flagship primary school and (3) principals as supervisors in improving achievement in primary schools.

This research uses qualitative approach, conducted in SDN Jember Lor 03 and SD Al Furqan Jember by using Multi Case Study design. Data collection techniques used include: (1) indepth interview, (2) participant observation, and (3) study documentation (study document). Informants were selected using the technique of purposive sampling. Informants in this study are principals, some teachers, and administrative officers. The data collected through the technique is organized, interpreted, and analyzed in the form of single case data for subsequent final findings based on cross-case analysis. Data credibility is checked with triangulation procedures, data verification / cross check, and checks on reference adequacy.

Based on the research, it is known that the role of principal as a leader in improving achievement in primary school is: (a) to build success through commitment and dedication, (b) to direct educators through various coaching, (c) to be role models in discipline, ) using a transformational leadership style in communicating, (e) using participative leadership styles in decision making, (f) making innovations in order that the led school be adaptive to the needs, progress, development and expectations of the contemporary community, (g) as a motivator for students and teachers to compete, (d) as apresiator for student and teacher achievement.

The role of the principal as a manager in improving achievement in the primary schools is superior: (a) establishing organizational structure in carrying out managerial duties, (b) in each meeting serve as a disseminator, (c) hold regular meetings in order to achieve integrated quality management education ) oversees classroom administration, (e) conducts orderly administration for classroom teachers, and (f) decentralizes education supported by accountability.

The role of the principal as a supervisor in improving achievement in primary school is: (a) to form a special team that is considered to understand the condition of the school to assist the supervision task, (b) observe the daily learning, (c) implementation of learning, (d) carry out an assessment concerning the planned lesson plan.

The researcher's suggestion: (a) for the principal of SDN Jeber Lor 03 and SD Al Furqan should be able to maintain the achievement, (b) for the principals so that the result of this research can be a motivation in improving the achievement for the school he leads into a school (c) for the teachers for the results of this study can be a motivation in completing the task and develop school performance, (d) for parents expected this research can be a reference in sending their children in schools led by the right principal, (e ) for educational managers, these findings can be well-managed to be used as a reference of the principal's leadership role, (f) for educational developers, the results of this study are expected to contribute significantly in the development of science, particularly in the field of educational leadership, supervision of education and (g) for future researchers, should be can do advanced research with different contexts.