DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Kemandirian Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kompetensi Keahlian serta Dampaknya pada Kinerja Praktek Kerja Lapangan Siswa SMK Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang

Muhammad Ulinnuha Musthofa

Abstrak


ABSTRAK

 

Musthofa, Muhammad Ulinnuha. 2017. Kontribusi Kemandirian Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kompetensi Keahlian serta Dampaknya pada Kinerja Praktek Kerja Lapangan Siswa SMK Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T., (2) Dr. Amat Nyoto, M.Pd.

 

Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Kompetensi Keahlian dan Kinerja Praktek Kerja Lapangan

 

Pesatnya Perkembangan ekonomi kreatif pada bidang komunikasi, seperti periklanan, kehumasan, penyiaran, dan distribusi konten komunikasi via media sosial digital merupakan peluang untuk mengisi tenaga ahli di bidang platform digital multimedia. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan dunia industri masih menganggap lulusan sekolah-sekolah kejuruan khususnya kompetensi keahlian multimedia belum siap dalam penyesuaian diri dengan perkembangan IPTEK ketika memasuki lapangan kerja. Salah satu upaya meningkatkan lulusan SMK agar terjadi kesesuaian antara program pendidikan di sekolah dengan kebutuhan tenaga kerja yaitu melalui program pembelajaran Praktek Kerja Lapangan (PKL). Program PKL dapat dijadikan sarana siswa dalam meningkatkan keterampilan kompetensi keahlian melalui transfer skill dan kompetensi ketika berada di dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kemandirian belajar dan fasilitas belajar terhadap kinerja PKL melalui prestasi belajar kompetensi keahlian siswa SMK kompetensi keahlian multimedia di Kota Malang.

Rancangan penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengujian analisis jalur (path). Populasinya siswa kelas XII di SMK Kota Malang kompetensi keahlian multimedia sebanyak 450 siswa. Populasi penelitian sudah mendapatkan mata pelajaran kompetensi keahlian C3 dan

melakukan praktik kerja lapangan. Teknik sampling menggunakan multistage sampling yang terdiri dari cluster sampling dan proportional random sampling, sehingga didapatkan sampel berjumlah 211 siswa dari lima sampel sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, kuesioner dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) tingkat kemampuan kemandirian belajar termasuk dalam kriteria cukup sedangkan kondisi fasilitas belajar, tingkat pencapaian prestasi belajar dan kinerja PKL termasuk dalam kriteria cukup tinggi; (2) kemandirian belajar beberkontribusi signifikan terhadap prestasi belajar kompetensi keahlian, sebesar 10,82%; (2) fasilitas belajar berkontribusi signifikan terhadap prestasi belajar kompetensi keahlian, sebesar 5,76%; (3) kemandirian belajar beberkontribusi signifikan terhadap kinerja PKL, sebesar 4,41%; (4) fasilitas belajar berkontribusi signifikan terhadap kinerja PKL, sebesar 4,28%; (5) prestasi belajar kompetensi keahlian beberkontribusi signifikan terhadap kinerja PKL, sebesar 19,01%.