DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Pengalaman Belajar dan Sikap Vokasi terhadap Prestasi PKL Serta Dampaknya Pada Kecakapan Kemampukerjaan Siswa Kompetensi Keahlian Multimedia SMK di Kota Malang

Zufida Kharirotul Umma

Abstrak


RINGKASAN

 

Umma, Zufida Kharirotul. 2017. Kontribusi PengalamanBelajardanSikapVokasiterhadapPrestasi PKL sertaDampaknyaPadaKecakapanKemampukerjaanSiswaKompetensiKeahlian Multimedia SMK di Kota Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T., (2) Dr. Amat Nyoto, M.Pd.

 

Kata kunci: pengalaman belajar, sikap vokasi, prestasi PKL, kecakapan kemampukerjaan

 

Kecakapankemampukerjaanbertujuanuntukmembekalisiswauntukmemasukiduniakerja, berkembangdansuksesdalampekerjaan. Kecakapaninidapatdiajarkan di sekolahmaupunindustri. Penelitian ini bertujuanuntukmengetahuiseberapabesarkontribusi yang diberikanolehfaktor-faktorpendukungkecakapankemampukerjaan. Faktor-foktor tersebut adalah academic skills berupa pengalaman belajar siswa selama di kelas, soft skills berupa kecakapan mengelola diri dengan penerapan sikap vokasi saat kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL), serta technical skills berupa prestasi PKL.

Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdengan tujuan untuk mengetahui kontribusi antar variabel-variabel bebas, variabel intervening, dan variabel terikat melalui suatu hubungan yang kausal.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) untuk menganalisis pola hubungan antar variabel dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung variabel-variabel bebas (eksogen) terhadap variabel terikat (endogen). Sampelpenelitianadalahsiswakelas XII SMK KompetensiKeahlian Multimedia darilimasekolah di Kota Malang. Pengumpulan data penelitianmengguanakaninstrumentesdandokumentasi.

Hasilpenelitianmenyatakanbahwaseluruhhipotesis yang diajukanditerima. Hipotesistersebutadalah (1) pengalamanbelajarsiswaberkontribusisecarasignifikanterhadapprestasi PKL siswasebesar 12,2%; (2) sikapvokasisiswaberkontribusisecarasignifikanterhadapprestasi PKL siswasebesar 32,5%; (3) pengalamanbelajarsiswaberkontribusisecarasignifikanterhadapkecakapankemampukerjaansiswasebesar 11,2%; (4) sikapvokasisiswaberkontribusisecarasignifikanterhadapkecakapankemampukerjaansebesar14,3%; dan (5) prestasi PKL siswadapatberkontribusisecarasignifikanterhadapkecakapankemampukerjaansebesar 48,2%.Kontribusiterkecilterhadapkecakapankemampukerjaanadalahpengalamanbelajar. Hal inidisebabkantespengalamanbelajarpadapenelitianiniberupateoridankurangnyapengetahuansiswamengenaiteoritersebutsehinggamendapatkannilai yang kurangbaik. Kontribusiterbesarterhadapkecakapankemampukerjaanadalahprestasi PKL. Hal inidisebabkanselainprestasi PKL sebagaihasilkinerjasiswa di industri, siswajugalebihtertarikpembelajaranpraktik.