DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PenerapanModel Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Indrasari 2 Martapura

DINA AULIA

Abstrak


ABSTRAK

 

Aulia, Dina. 2017. PenerapanModel Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Indrasari 2 Martapura. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar. Program PascasarjanaUniversitas Negeri Malang. Pembimbing : (1)Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd (2)Dra. Lia Yuliati, M.Pd

 

Kata kunci : discovery learning, pemahaman konsep

 

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep belajar ilmu pengetahuan alam siswa.Hal tersebut dikarenakan siswa sulit memahami materi yang diajarkan dengan pembelajaran yang klasikal, siswa lebih mengharapkanpenjelasan utama dari guru tentang materi yang diberikan daripada mengalinya sendiri. Menurut hasil wawancara terhadap guru wali kelas v dapat disimpulkan bahwa siswa memerlukan cara belajar yang berbeda dalam pemahaman konsep belajar IPA.Berdasarkan hal tersebut, untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar IPA siswa diperlukan strategi ataupun alternatif pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat pemahaman konsep belajar IPA dengan menggunakan model Discovery Learning.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas V SDN Indrasari 2 Martapura dengan jumlah siswa dikelas tersebut adalah 24 siswa yang terdiri dari13 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan pada tahun ajaran 2017/2018.Data penelitian didapatkan dari hasil penelitan pada Siklus I dan SIklus II dengan Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi terhadap guru dan siswa dan tes hasil belajar siswa. Dengan indikator keberhasilan belajar KKM individu > 75 dan KKM Klasikal 80%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning telah meningkatkan pemahaman konsep belajar IPA materi sistem organ pencernaan manusia pada siswa kelas V SDN Indrasari 2 Martapura. Terlihat dari meningkatnya penilaian hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung terjadi kenaikan yaitu pada siklus I secara rata-rata kelas mencapai 75,58 dan secara klasikal 95,83%. Meningkat pada siklus II secara rata-rata kelas mencapai 82,29 dan secara klasikal mencapai 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa di setiap pertemuan aktivitas siswa selalu mengalami peningkatan, baik aktivitas secara rata-rata kelas maupun berdasarkan aktivitas siswa secara klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat simpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning mampu meningkatkan pemahaman konsep belajar IPA siswa yang terlihat dari dapatnya meningkatkan efektifitas guru dalam proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar dan tingkat pemahaman siswa yang mampu menggunakan penjelasan dengan kalimatnya sendiri.