DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENDALIAN HASRAT SEKSUAL (SEXUAL ABSTINENCE) PADA REMAJA MADRASAH ALIYAH SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL

Chusnul Maulidiyah Eka Andriani

Abstrak


ABSTRAK

 

Maulidiyah, Chusnul. Pengembangan multimedia interaktif pengendalian hasrat seksual (sexual abstinence) pada remaja Madrasah Aliyah sebagai media bimbingan pribadi sosial. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, pembimbing: (I). Dr. Muslihati, S.Ag, M.Pd., (II) Dr. IM. Hambali, M.Pd.

 

Kata Kunci Multimedia Interaktif, Pengendalian Hasrat Seksual, Media

 

Bimbingan Pribadi,Media Bimbingan Sosial

Masa remaja (18 sampai 22 tahun) merupakan masa transisi dari anak menuju dewasa dengan perubahan fisik yang signifikan. Dengan adanya perubahan tersebut, perkembangan seksual remaja juga ikut berkembang. Dengan adanya hal itu, remaja sangat mudah untuk dipengaruhi dengan hal-hal yang menyimpang seperti adanya perilaku seksual diluar nikah. Di era saat ini, multimedia dan perkembangan IT sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial masyyarakat, tidak terkecuali remaja. Dengan adanya fenomena tersebut, peneliti ingin mengembangkan media berbasis IT yang ditujukan bagi remaja.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif sebagai media sumber informasi pengendalian hasrat seksual (sexual abstinance) dan manfaatnya untuk kalangan siswa MA (Madrasah Aliyah) Pasuruan yang dapat dimanfaatkan secara secara mandiri oleh siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Research and Development (R&D). Subjek penelitian berjumlah 30 siswa kelas X MA Miftachul Huda Beji Pasuruan yang terkait dalam permasalahan dengan pengendalian hasrat seksual siswa dengan skala usia 17-20 tahun. Pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada siswa sebagai subjek penelitian dan wawancara kepada siswa dan konselor sekolah. Teknik analisis data menggunakan inter-rater-agreement model.

Hasil analisis data dari uji ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa produk Multimedia interaktif Pengendalian Hasrat Seksual (Sexual Abstinance) Pada Remaja Sebagai Media Bimbingan Pribadi Dan Sosial untuk siswa kelas X Miftachul Huda Beji Pasuruan merupakan keberterimaan produk dan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif Pengendalian Hasrat Seksual (Sexual Abstinance) Pada Remaja Sebagai Media Bimbingan Pribadi Dan Sosial.