DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia Bagi Mahasiswa Thailand Tingkat Pemula

Pattama Junpaitoon

Abstrak


ABSTRAK

 

Perkembangan peminat warga asing untuk belajar bahasa Inodnesia setiap saat kian meningkat. Hal ini adalah sebuah fakta baru bahwa bahasa Indonesia dipelajari sebagai bahasa kedua pada saat ini menjadi salah satu bahasa yang populer pada periode ini.

Pengembangan penelitian ini bertujuan (a) menghasilkan produk bahan ajar pengayaan kosakata bagi mahasiswa Thailand yang belajar bahasa Indonesia pada tingkat pemula, dan (b) mendeskripsikan hasil uji kelayakan produk bahan ajar pengayaan kosakata bagi mahasiswa Thailand yang belajar bahasa Indonesia pada tingkat pemula.

Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan Borg & Gall dengan sejumlah modifikasi dalam delapan langkah, yang meliputi: (a) penelitian dan pengumpulan informasi, (b) perencanaan, (c) pengembangan draf produk, (d) uji coba ahli, (e) revisi produk, (f) uji coba lapangan, (g) revisi produk akhir, dan (h) penyebaran sosial media. Pengembangan ini diujicobakan pada mahasiswa Thai tiga perguruan tinggi dan uji coba tiga ahli. Pengambilan data menggunakan instrumen lembar angket. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menujukan bahwa uji validasi produk oleh ahli pembelajaran BIPA persentase kelayakan produk dari seluruh kriteria mencapai 88.33% kualifikasi sangat layak, ahli bahasa dan BIPA persentase kelayakan produk dari seluruh kriteria mencapai 92.30% kualifikasi sangat layak, dan ahli kegrafikan persentase kelayakan produk dari seluruh kriteria mencapai 75% kualifikasi sangat layak dan uji coba lapangan persentase kelayakan produk dari seluruh kriteria mencapai 93.75% kualifikasi sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba produk ini dapat disimpulkan bahwa produknya telah layak dan bisa digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Saran penelitian bahan ajar dapat dipakai untuk pelajar belajar bahasa Indonesia meliputi kosakata yang berurutan bahwa pelajar harus membaca dan memahami tujuan belajar terlebih dahulu, lalu membaca dan memahami materi pelajaran, kemudian lakukan latihan, sesudah itu membaca rangkuman. Jika pelajar tidak paham materi pelajaran, pelajar harus menanyakan guru atau dosen.