DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tas’au, Petrus Rikhardus. 2017. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Kreatif Berbasis Pengalaman (experiential learning) Pada Sekolah Menengah Atas. Tesis, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Mit Wi

Petrus Rikhardus Tas'au

Abstrak


ABSTRAK

 

Pengembangan pembelajaran ekonomi kreatif berbasis pengalaman dilatar belakangi permasalahan dalam pembelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA Negeri 2 Kefamenanu. Permasalah ini diidentifikasi dalam observasi awal, terdapat kesenjangan antara tujuan pembelajaran dan pelaksanaan. Idealnya pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dirancang untuk mewadahi siswa mengembangkan potensi daerah dan potensi diri yang berwawasan wirausaha. Realitas pelaksanaan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan di lokasi penelitian tidak sesuai dengan kondisi ideal. Oleh karena itu peneliti berupaya mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran prakarya dan kewirasausahaan.

Penelitian pengembangan ini bertujuan memecahkan permasalahan dalam proses pembelajaran prakarya dan kewirausahaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni desain based researchyang terdiri dari empat fase, yakni : fase pertama identifikasi permasalahan secara kolaborasi antara peneliti, dosen dan guru prakarya dan kewirausahaan, fase kedua pengembangan desain prototipe, fase ketiga pengujian dan perbaikan desain prototipe, fase keempat merefleksikan desain prototipe.

Penelitian pengembangan ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru yang menghasilkan skenario pembelajaranekonomi kreatif berbasis pengalaman. Skenario pembelajaran dalam penelitian ini di kemas dalam buku panduan guru dan buku panduan siswa. Skenario pembelajaran ekonomi kreatif berbasis pengalaman dapat digunakan guru dalam membelajarkan prakarya dan kewirausahaan di SMA.

Produk skenario pembelajaran dalam penelitian ini mampu menghasilkan perubahan sikap, pegetahuan dan psikomotorik siswa. Perubahan diperoleh pada setiap fase pembelajaran sesuai model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) yang digunakan. Perubahan dalam diri siswa menjawab tujuan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dalam penelitian ini. Pengembangan pembelajaran ini disarankan peneliti sebagai salah satu strategi pembelajaran yang dapat membantu guru dan siswa dalam mempelajari prakarya dan kewirausahaan.