DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually) Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin

Annisa Meilida

Abstrak


ABSTRAK

 

Meilida, Annisa.2017. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually) Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Tesis, Program Pendidikan Dasar . Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd dan pembimbing (2) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd

 

Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually)

 

Masalah yang ada pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika tentang penaksiran dan pembulatan pada pecahan, disebabkan oleh anak terbatasi keaktifannya dalam pembelajaran, kurangnya penggunaan media yang menarik bagi siswa, Kegiatan pembelajaran yang kurang adanya variasi sehingga berdampak pada hasil belajar  dan aktivitas siswa yang rendah. Alternatif yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah menggunakan Model SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model SAVI terhadap aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin.

 Penelitian ini menggunakan eksperimental semu (quasi experiment) dengan bentuk nonequivalent kontrol design, dan subjek penelitian di SDN Kuin  Selatan 1 Banjarmasin pada siswa kelas 4 A dan B dengan jumlah 56 siswa terdiri dari 16 orang laki-laki dan  12 orang perempuan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest dan posttest untuk hasil belajar, dan, lembar daftar cek pre dan post aktivitas siswa. Penelitian dilakukan pada 3 kali pertemuan sesuai dengan KD pada matematika kurikulum 2013.

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. terlihat pada uji hipotesis dengan sig.(2-tailed) kurang dari 0,05 atau p=0,00