DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Teaching Using YouTube Tutorial Videos to Improve Students’ Speaking Skill.

Ida Prasetiyaning Jati

Abstrak


ABSTRACT

Jati, Ida Prasetiyaning. 2017. Teaching Using YouTube Tutorial Videos to Improve Students’ Speaking Skill. Thesis. Graduate Program in English Language Education. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1). Prof. Ali Saukah, M. A., Ph. D., (2) Nunung Suryati, M. Ed., Ph. D.

Keywords: YouTube tutorial videos, speaking, procedure text.

            Speaking is an important skill to master, despite all the hindrances that students may encounter. Coping speaking hindrances, YouTube Tutorial videos can be employed as media to improve students’ speaking in procedure text. This study aimed at researching how YouTube Tutorial Videos can improve students’ speaking skill in performing procedure text.

This study employed Collaborative Action Research adapting Kemmis and Taggart’s design, which covers: 1) Planning, 2) Implementing, 3) Observing, 4) Reflecting.  The study involved 37 students, and one English teacher who acted as observer and second rater.  Data were collected using observation checklist, field note, scoring rubric and video recorder.

The result showed that the students’ speaking skill was improving in three aspects: 1) accuracy, 2) fluency, and 3) performance. YouTube tutorial videos acted as vocabulary source and good speaking model, therefore the students’ accuracy is increasing. After the students possessed more vocabulary, knew the proper pronunciation of words commonly used in procedure text, their confidence is elevating. Thus, their fluency is also elevating. Meanwhile, performance aspect is elevating because YouTube tutorial videos is functioning as a model of how to perform in public. By watching it, the students can observe the speakers’ eye contact, gesture, and body movement.

The best implementation of YouTube tutorial video as a media for teaching speaking includes the following activities: : a) watching YouTube tutorial videos of how to make food/drink, b) making a list of the verbs used in the videos, c) discussing generic structure, feature of the text, d) watching YouTube tutorial videos of how to make food/drink, e)  information gap activity, f) watching YouTube tutorial videos of how to make food/drink  , g) supplying a procedure text with temporal conjunction and presenting it in group,  h) watching YouTube tutorial videos and how to use fillers video, i) practicing using fillers in group, j) individual performance.

 

 

 

ABSTRAK

Jati, Ida Prasetiyaning. 2017. Mengajar menggunakan video tutorial YouTube untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Advisors: (1). Prof. Ali Saukah, M. A., Ph. D., (2) Nunung Suryati, M. Ed., Ph. D

Kata kunci: video tutorial YouTube, kemampuan berbicara , teks prosedur.

Kemampuan berbicara penting untuk dikuasai, meskipun ada hambatan – hambatan yang mungkin harus dihadapi oleh siswa. Untuk mengatasi ham – hambatan dalam berbicara, video tutorial YouTube bisa diimplementasikan sebagai media yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana penggunaan video tutorial YouTube dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam menampilkan teks prosedur.

Penelitian ini menerapkan Penelitian tindakan kelas yang diadaptasi dari desain Kemmis and Taggart, desain ini meliputi 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi.  Penelitian ini melibatkan 37 siswa, dan satu guru bahasa Inggris yang berperan sebagai pengamat, dan penilai kedua.  Data dikumpulkan lewat lembar observasi, catatan, rubrik penilaian, dan video.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa meningkat dalam 3 aspek yaitu 1) ketepatan, 2) kelancaran, 3) dan penampilan. Video tutorial Youtube berfungsi sebagai sumber kosakata dan model berbicara yang baik, oleh karenanya ketepatan siswa meningkat. Setelah siswa memiliki lebih banyak kosa kata, dan juga mengetahui  bagaimana melafalkan kata-kata yang umum digunakan dalam teks prosedur secara tepat, maka rasa percaya diri mereka meningkat.  Oleh sebab itu, kelancaran mereka dalam berbicara juga meningkat. Sementara itu, aspek penampilan  meningkat karena video tutorial YouTube berfungsi sebagai model cara berbicara di depan publik. Dengan menonton video tutorial YouTube, siswa dapat mengamati tatapan mata, dan bahasa tubuh pembicara.

            Penerapan terbaik video tutorial YouTube sebagai media untuk mengajar berbicara adalah sebagai berikut: a) menonton video tutorial YouTube tentang bagaimana membuat makanan/minuman tertentu, b) membuat daftar kata kerja yang digunakan dalam video tutorial YouTube tersebut, c) membahas struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan teks prosedur, d ) menonton video tutorial YouTube tentang bagaimana membuat makanan/minuman tertentu, e) permainan  melengkapi teks prosedur dengan cara membacakannya pada teman sebangku, f) menonton video tutorial YouTube tentang bagaimana membuat makanan/minuman tertentu, g) melengkapi teks prosedur dengan kata hubung yang menunjukkan urutan dan menampilkannya secara berkelompok, h)  menonton video tutorial YouTube tentang bagaimana membuat makanan/ minuman tertentu dan video tentang filler, i) berlatih menggunakan filler secara berkelompok, penampilan individu.