DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Pancasila di Sekolah Menengah Atas (SMA)

Ivan Aditya Rozzaq

Abstrak


ABSTRAK

 

Rozzaq, Ivan Aditya. 2017. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Pancasila di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Mit Witjaksono, MS.Ed.(II) Dr. Sunaryanto, M.Ed

 

Kata kunci : pembelajaran ekonomi, ekonomi pancasila

 

Selama ini pendidikan ekonomi di Indonesia masih jauh dari orientasi yang dicita-citakan oleh bangsa Indonesia sendiri. Pendidikan ekonomi di Indonesia seharusnya berdasar pada Pancasila dan Pasal 33 UUD 1945. Agar nilai-nilai kebudayaan yang terdapat di dalamnya bisa menjadi pandangan hidup seluruh bangsa Indonesia. Pendidikan ekonomi yang berdasar pada nilai-nilai Pancasila dan Pasal 33 UUD 1945 adalah pendidikan ekonomi khas Indonesia.  Namun faktanya pendidikan ekonomi di Indonesia lebih mengarah pada pembelajaran teori-teori ekonomi warisan negara barat. Teori-teori ekonomi warisan negara barat ini telah menjadi ajaran utama di berbagai jenjang pendidikan di Indonesia sejak lama, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Apabila hal ini terus dibiarkan maka para penerus bangsa akan lupa terhadap jati diri mereka. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan pembelajaran ekonomi yang memuat nilai-nilai kebudayaan bangsa Indonesia. Materi pembelajaran yang akan dikembangkan mencerminkan jati diri bangsa Indonesia dalam berekonomi yang berdasar pada Pancasila dan Pasal 33 UUD 1945.

Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu pertama, mengidentifikasi kegiatan pembelajaran ekonomi yang terjadi selama ini. Kedua menyusun desain panduan pembelajaran, mengembangkan buku panduan pembelajaran, mendeskripsikan kelayakan, kemenarikan, keefektifan produk dan mengevaluasi hasil uji coba pengembangan pembelajaran ekonomi Pancasila. Penelitian ini mengkaji pola pembelajaran ekonomi berdasarkan perspektif ekonomi Pancasila dengan mendeskripsikan pembelajaran yang terjadi, selanjutnya dikembangkan desain panduan pembelajaran ekonomi yang sejalan dengan Pancasila dan pasal 33 UUD 1945.

Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR), pelaksanaan dan uji coba produk dilakukan di kelas X IPA 7 SMA An-Nur Bululawang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik deskriptif.

Berdasarkan penelitian pengembangan didapatkan hasil uji validasi ahli materi sebesar 87,5% (sangat valid), hasil uji validasi media menunjukkan 62,1% (cukup valid dengan sedikit revisi), hasil uji validasi praktisi terhadap RPP menunjukkan 88% (sangat valid), hasil uji perorangan diperoleh rata-rata sebesar 90,9% (sangat menarik), hasil uji coba lapangan diperoleh nilai rata-rata 88,7% (sangat menarik), dan nilai rata-rata post test sebesar 84,9. Sedangkan hasil tanggapan pembelajaran seluruh siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 92,7%. Sehingga dapat disimpulkan produk pengembangan pembelajaran ekonomi Pancasila ini sangat layak diterapkan.