DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ABSTRAK Sumiati, Dewi Ika. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE dan Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri Kota Malang. Tesis, Program St

Tri Maniarta Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Sumiati, Dewi Ika. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE dan Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri Kota Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd. (II) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M.Pd.

 

Kata Kunci:   keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, RICOSRE, kemampuan akademik

 

            Keterampilan yang harus dimiliki masyarakat abad ke 21 untuk kelangsungan hidup dan kemakmuran masa depan ialah keterampilan berpikir tingkat tinggi, seperti halnya keterampilan berpikir kritis dan keteramplan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu dan uji pendahuluan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan kreatif selain dipengaruhi oleh model pembelajaran selama di kelas, juga dipengaruhi oleh kemampuan akademik yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI di SMA di Kota Malang pada kemampuan akademik yang berbeda.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest postest non-equivalent control group design yang dilaksanakan pada masing-masing 68 siswa kelas XI di SMAN 4 Malang sebagai sekolah dengan kemampuan akademik siswa tinggi dan SMAN 10 MALANG sebagai sekolah dengan kemampuan akademik siswa rendah. Subjek penelitian dipilih dengan metode cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Uji prasyarat hasil penelitian berupa uji homogenitas varian dan uji normalitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan teknik analisis anakova dengan taraf signifikasi 0,5% yang dilanjutkan dengan uji beda LSD.

Hasil penelitian menunjukkan 1) model pembelajaran RICOSRE berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI di SMA di Kota Malang, 2) perbedaan kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI di SMA di Kota Malang, 3) interaksi kemampuan akademik dengan model pembelajaran RICOSRE berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif siswa, namun tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif Biologi siswa kelas XI di SMA di Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini, pada masa yang akan datang disarankan untuk dilakukan penelitian terkait dengan pengaruh model pembelajaran RICOSRE dan perbedaan kemampuan akademik terhadap aspek lain yang dapat diamati selama proses pembelajaran pada subyek penelitian yang lebih luas.