DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN GRAFIK KLIP DALAM PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PEMBELAJARAN SIKAP DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Rahmanu Adi Widodo

Abstrak


ABSTRAK

 

Dikalangan anak-anak muda saat ini telah terjadi dekadensi moral yang sangat serius. Karakter bangsa semakin bertambahnya hari tampak semakin terkikis. Sejalan dengan itu Pranata telah menghasilkan grafik klip untuk memecahkan masalah pendidikan karakter di kelas (Pranata, 2011). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan;  (a) proses belajar pendidikan karakter menggunakan grafik klip di Sekolah Menengah Atas, (b) hasil belajar siswa dalam pendidikan karakter menggunakan grafik klip di Sekolah Menengah Atas. Manfaat penelitian yang diperoleh berupa sumbangan pemahaman baru tentang pendidikan karakter menggunakan grafik klip mampu mentransfer nilai-nilai kebaikan, memberi inspirasi guru dan kepala sekolah untuk mengembangkan grafik klip dalam pendidikan karakter di instansi tempat bekerja, sebagai bahan pembanding peneliti lain untuk melakukan penelitian yang sejenis.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian di SMAN X Blitar dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini antara lain; hasil observasi, pedoman wawancara mendalam, kuisioner terbuka , dan rekaman video tersembunyi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penemuan menunjukkan bahwa;  a) subyek yang diteliti dalam melaksanakan proses pembelajaran pendidikan karakter menerapkan grafik klip didukung persiapan yang baik. Respon siswa terlihat baik. Motivasi siswa cukup tinggi. b) hasil belajar siswa tentang pendidikan karakter menggunakan grafik klip secara umum mampu menangkap isi pesan dan berkomitmen untuk menghormati orang tua.

Dapat disimpulkan penerapan grafik klip dalam pendidikan karakter untuk pembelajaran sikap di SMAN X Blitar dapat memberikan transfer karakter khususnya pada pencapaian sikap menghormati orang tua. Disarankan bagi guru dan kepala sekolah secara inovatif dapat mengembangkan grafik klip pendidikan karakter untuk pembelajaran sikap di kelas, serta bagi peneliti lain dapat menjadikan penelitian ini sebagai pembanding dalam melakukan penelitian yang sejenis.