DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Intensitas Pendidikan Ekonomi dan Efikasi Diri terhadap Perilaku Ekonomi yang Altruistik (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang)

Fayik Huril Aini

Abstrak


ABSTRAK

 

Aini, Fayik Huril. 2017. Pengaruh Intensitas Pendidikan Ekonomi dan Efikasi Diri terhadap Perilaku Ekonomi yang Altruistik (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang). Tesis, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr.Wahjoedi, M.E., (2) Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.S.

 

Kata Kunci:Intensitas Pendidikan Ekonomi, Efikasi Diri, Perilaku Ekonomi Altruistik.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruhvariabel eksogen terhadap variabel endogen, yaitu pengaruh intensitas pendidikan ekonomi keluarga, intensitas pendidikan ekonomi di lingkungan masyarakat, dan intensitas pendidikan ekonomi di lembaga pendidikan formal terhadap perilaku ekonomi yang altruistik; (2) pengaruh variabel eksogen terhadap variabel intervening, yaitu  pengaruh intensitas pendidikan ekonomi keluarga, intensitas pendidikan ekonomi di lingkungan masyarakat, dan intensitas pendidikan ekonomi di lembaga pendidikan formal terhadap efikasi diri; (3) pengaruh variabel intervening terhadap variabel eksogen, yaitu pengaruh efikasi diri terhadap perilaku ekonomi yang altruistik; dan (4) pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen melalui variabel intervening,yaitu pengaruh intensitas pendidikan ekonomi keluarga, intensitas pendidikan ekonomi di lingkungan masyarakat, dan intensitas pendidikan ekonomi di lembaga pendidikan formal terhadap perilaku ekonomi yang altruistik melalui efikasi diri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis explanatory.Penelitian ini menggunakan metode survey yang mana informasi dikumpulkan dari beberapa sampel dengan memberi pertanyaan-pertanyaan tertutup yang dijawab langsung oleh sampel.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Ekonomi pembangunan Universitas Negeri Malang angkatan 2014 yang berjumlah 417 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 104 mahasiswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan teknik analisis SEM (Structural Equation Modelling) yaitu teknik analisis gabungan antara analisis faktor dan analisis regresi dan penerapannya dilakukan secara simultan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) intensitas pendidikan ekonomi keluarga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku ekonomi yang altruistik;(2) intensitas pendidikan ekonomi di lingkungan masyarakat tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku ekonomi yang altruistik; (3) intensitas pendidikan ekonomi di lembaga pendidikan formal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku ekonomi yang altruistik; (4)intensitas pendidikan ekonomi keluarga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap efikasi diri;(5) intensitas pendidikan ekonomi di lingkungan masyarakat tidak berpengaruh secara signifikan terhadap efikasi diri; (6) intensitas pendidikan ekonomi di lembaga pendidikan formal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap efikasi diri; (7) efikasi diri tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku ekonomi yang altruistik; (8) intensitas pendidikan ekonomi keluarga berpengaruh secara positif signifikan terhadap perilaku ekonomi yang altruistik melalui efikasi diri;(9) intensitas pendidikan ekonomi di lingkungan masyarakat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku ekonomi yang altruistik melalui efikasi diri; dan (10) intensitas pendidikan ekonomi di lembaga pendidikan formal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku ekonomi yang altruistik melalui efikasi diri.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan beberapa pengaruh yang tidak signifikan. Oleh karena itu, disarankan kepada peneliti lain untuk menyempurnakan model dalam penelitian ini serta meneliti faktor-faktor lain agar diperoleh prediktor yang baik dalam menjelaskan perilaku ekonomi yang altruistik. Mengingat perilaku ekonomi yang altruistik sesuai dengan semangat perekonomian Indonesia, maka penelitian dan kajian literatur atau teori yang relevan dengan semangat perekonomian Indonesia harus lebih diprioritaskan.