DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model PembelajaranGroup Investigation (GI) BerbasisOutdoor Study TerhadapAktivitasdanHasilBelajarSiswa SDN PemurusBaru 1 Banjarmasin

Rizki Yuanita

Abstrak


ABSTRAK

 

            Penelitian ini di dasarkan pentingnya tiga ranah dalam aspek hasil belajar diantaranya adalah ranah pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotorik). Namun pada kenyataannya pada ranah pengetahuan (kognitif) dan ranah (afektif) masih perlu diperbaiki. Hal tersebut dapat diperbaiki dengan menggunakan model pembelajaran yang di kolaborasikan dengan pendekatan. Dalam hal in peneliti menggunakan model GI berbasis outdoor study. Model GI dipilih karena model ini mampu melibatkan siswa secara aktif dalam kelompok dan melatih kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah. Sedangkan pendekatan outdoor study dipilih karena strategi pembelajaran ini yang memberikan pengalaman langsung (direct experience) kepadasiswadalammenyelesaikanmasalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model GI berbasis outdoor study terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA, Pengaruh model GI berbasis outdoor study terhadap hasil belajar pada siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2017/2018 di SDN Pemurus Baru 1 Banjarmasin.

            Jenis penelitian ini adalah Quasi Exsperimenal Design dengan bentuk Nonequivalent control grup design, yaitu terdapat dua kelompok yang tidak dipilih secara random baik kelompok eksperimen mau pun kelompok kontrol. dengan subjek berjumlah 52 orang. Data aktivitas belajar siswa di dapatkan melalui observasi terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Dan hasil belajar IPA di kumpulkan dengan instrument tesberbentuk pilihan ganda. dan di analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik parametrik Independent Sample T Test.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh aktivitas belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model GI berbasis outdoor study hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan, 2) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model GI berbasis outdoor study mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini berarti model GI berbasis outdoor study lebih baik (ada perbedaan positif) dari pada pembelajaran konvensional (diskusi). Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari hasil uji T yang menunujukan bahwa nilai T hitung (3.557) > t table (2,009)dan nilai signifikansi (0,001) < alpha (0.050), sehingga terdapat Perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap peningkatan nilai hasil belajar (gain score).Peningkatan aktivitas dapat dilihat dari nilai t hitung (2,116) > t tabel (2,009) dan nilai signifikansi (0,039) < alpha (0.050) sehingga terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap aktivitas siswa.