DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keterlaksanaan Unit Produksi Sekolah pada SMK Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI) di Kota Malang

Moh. Alif Hidayat Sofyan

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayat Sofyan, Moh. Alif. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keterlaksanaan Unit Produksi Sekolah pada SMK Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI) di Kota Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muladi, S.T., M.T., (2) Dr. R.M. Sugandi, S.T., M.T.

 

Kata kunci:  unit produksi, keterlaksanaan, faktor dominan

 

Kondisi ketenagakerjaan di Indonesia saat ini masih diwarnai tingkat pengangguran yang cukup tinggi. Berdasarkan data pada Badan Pusat Statistik, tingkat pengangguran terbuka menurut jenjang pendidikan didominasi oleh lulusan SMK. Upaya untuk meningkatkan kompetensi kejuruan siswa salah satunya dengan melakukan kegiatan unit produksi sekolah. Kegiatan unit produksi sekolah akan memberikan pengalaman dan pengetahuan yang lebih kepada siswa, sehingga siswa tidak hanya mampu untuk mencari kerjanamun juga mampu untukmenciptakan lapangan kerja. Unit produksi dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mengetahui keterlaksanaan unit produksi sekolah pada program studi keahlian Teknik Komputer dan Informatika di Kota Malang, 2) mengetahui faktor-faktor dominan yang mempengaruhi keterlaksanaan unit produksi sekolah pada program studi keahlian Teknik Komputer dan Informatika di Kota Malang

Rancangan penelitian dengan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui keterlaksanaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan unit produksi sekolah.Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu guru yang terlibat pada kegiatan unit produksi SMK program studi keahlian Teknik Komputer dan Informatika di Kota Malang. Instrumen menggunakan angket dengan didukung data observasi dan dokumentasi. Uji coba instrumen validitas dengan menggunakan Bivariate Pearson dan reliabilitas dengan menggunakan Cronbach Alpha didapatkan nilai sebesar 0,954 dengan signifikasi 0,05 sehingga dapat dikatakan sangat reliabel.Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dan analisis faktor.

Hasil dari penelitian yaitu:1) keterlaksanaan unit produksi SMK pada program studi keahlian Teknik Komputer dan Informatika di Kota Malang memiliki tingkat keterlaksanaan sebesar 74% dengan kriteria baik, pada tahap perencanaan 72%, tahap pelaksanaan 77% dan tahap evaluasi 73%; 2) faktor-faktor dominan yang mempengaruhi keterlaksanaan unit produksi yaitupelaksana kegiatan produksi, integrasi dengan sumber belajar, sebagai tempat praktik industri dan wirausaha, pengelolaan profit terdistribusi, pedoman kegiatan produksi, pembagian tugas pemasaran, sarana dan prasarana kegiatan produksi, program kerja pemasaran, dan bentuk pemasaran.