DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Standar Akuntansi Bebasis Akrual dalam Prespektif Good Governance di Kabupaten Ngawi

ihda neni nur azizah

Abstrak


ABSTRAK

 

Azizah, Ihda Neni Nur. 2017.  Analisis Implementasi Standar Akuntansi Bebasis Akrual dalam Prespektif Good Governance di Kabupaten Ngawi. Tesis. Jurusan Akuntansi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Puji Handayati, S.E, M.M, Ak . CA, C.MA, CIBA, CSRS. (II)  Dr. Suparti, M.P

 

Kata Kunci : Akuntansi Akrual, Good Governance

 

Akrualisasi sektor publik saat ini telah banyak di lakukan diberbagai negara dibelahan dunia. Pelansanaan akrualisasi ini bertujuan untuk membuat laporan keuangan menjadi lebih trasparan dan dapat dipertanggungjawabkan khususnya terkait pengelolaan APBD/APBN.  Indonesia juga turut serta dalam  melakukan revormasi, dengan di tetapkannya PP No. 71 tahun 2010 yang menatur tentang pengimplementasian akuntansi akrual. Pelaksanaan akrualisasi dilaksanakan maksimal pada tahun 2015.  Pelaksanaan akrualsisasi juga memberikan dampak pada tata kelola pemerintahan. Dengan Pengimplementasian akuntansi akrual di harapkan pengelolaan keuangan dan tata kelola pemerintahan menjadi lebih baik (Good Governance) dari pada tahun–tahun sebelumnya. Penelitian yang di lakukan kali ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengimplementasian standart akuntansi berbasis akrual berdasarkan prespektif Good Governance di Pemerintah Kabupaten Ngawi.

 

Hasil temuan yang di peroleh peneliti adalah, setelah di tetapkan PP No. 71 tahun 2010, Pemerintah Kabupaten Ngawi mengalami dua masa. Pertama, masa toleransi (tahun 2010 s.d 2014), yaitu masa penyesuaian diri dengan regulasi, menetapkan komitmen, meningkatkan kualitas SDM, dan pembaharuan teknologi. Kedua, masa transisi (tahun 2015), Pemerintah Kabupaten Ngawi telah menerapkan akrual secara menyeluruh. pengembangan kualitas SDM tetap di lakukan dengan melakukan pendampingan Untuk SKPD dan sistem teknologi juga terus di kembangkan sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal.

 

Dalam  penerapan akuntansi akrual, Pemerintah Kabupaten Ngawi telah mengadopsi akuntansi akrual dengan cukup baik, hal ini dapat di lihat dari komitmen dan regulasi serta pengelolaan SDM di samping itu di perolehnya opini WTP selama empat tahun berturut-turut. Sedangkan sistem teknologi masih terus di kembangkan dan di uji coba sehingga dapat di pergunakan untuk membantu membuat laporan keuangan. Dengan terimplementasikannya SAP akrual secara langsung juga berpengaruh kepada tata kelola pemerintahan yang di harapkan menjadi lebih baik. beberapa indikator Good Governance yang mulai tercapai dengan adanya akrualisasi ini di antaranya adalah trasparansi, Rule Of Law dan Accountability (pertanggungjawaban).