DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Futsal Berbasis Blended Learning Serta Hasil Uji Efektifitas Hasil Belajar

Anwar Baidhori

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Baidhori, Anwar. 2017. Pengembangan Pembelajaran Futsal Berbasis Blended Learning Serta Hasil Uji Efektifitas Hasil Belajar. Tesis. Jurusan Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd., (2) Dr. Sapto Adi, M.Kes.

 

Kata kunci: pengembangan, futsal, pembelajaran, blended learning.

 

Futsal sering disebut mini sepakbola, permainan yang dimainkan oleh dua tim dengan lima anggota setiap tim yaitu empat pemain lapangan dan penjaga gawang yang dimainkan dalam ruangan. Hasil dari observasi peneliti menghasilkan 40% mahasiswa baru belajar dalam cabang olahraga futsal sehingga mahasiswa kurang memahami dan mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan ada mahasiswa memiliki keahlian yang hanya di cabang olahraga tertentu. Kurangnya waktu pembelajaran juga mempengaruhi hasil belajar. Sehingga diperlukan sebuah produk pembelajaran yang dapat membantu dalam proses pembelajaran.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran dalam bentuk pembelajaran tatap muka, pembelajaran offline dan pembelajaran online untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran pada matakuliah futsal.

Dalam pengembangan pembelajaran futsal berbasis blended learning di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Penelitian dan pengembangan menggunakan model rancangan pembelajaran berbasis blended learning. Langkah-langkah rancangan sebagai  berikut: (1) analisis kebutuhan pemecahan masalah, (2) identifikasi sumber belajar dan kendala-kendala dalam mengaplikasikan pembelajaran berbasis blended learning, (3) identifikasi karakteristik pebelajar, (4) menetapkan tujuan pembelajaran, (5) memilih dan (6) menetapkan strategi pembelajaran. (7) uji coba, (8) revisi, (9) protipe pembelajaran berbasis blended learning. Pembelajaran tatap muka menggunakan modul sebagai panduan pembelajaran, pembelajaran offline menggunakan Adobe flash dalam bentuk file yang dapat dibuka dengan perangkat laptop secara offline agar peserta didik dapat belajar dimanapun dan kapanpun dan pembelajaran online menggunakan web edmodo dimana peserta didik dapat mengunduh materi, membaca dan mengerjakan soal. Berdasarkan analisis data hasil penilaian uji coba kelompok besar didapat hasil skor rata-rata semua aspek kejelasan 90%, kesesuaian 87%, ketepatan 87% kemudahan 88% dan kemenarikan isi materi 91%, maka dapat dihitung rata-rata dengan nilai 87%, kemudian dikonversikan dengan tabel kualifikasi kelayakan maka produk pembelajaran mata kuliah futsal berbasis blended learning dapat dikatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran futsal.

Hasil dari pengujian hasil belajar pembelajaran berbasis blended learning pada matakuliah futsal terbukti efektif dalam meningkatkan ranah kognitif mahasiswa, diketahui bahwa nilai hitung sebesar -84,94 lebih kecil dari pada nilai tabel, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran blended learning efektif meningkatkan hasil belajar untuk matakuliah futsal. Pembelajaran berbasis blended learning pada matakuliah futsal terbukti efisien dalam meningkatkan waktu untuk menyelesaikan pada ranah kognitif mahasiswa, data menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa menyelesaikan semua materi dengan waktu lima hari, Pembelajaran berbasis blended learning pada matakuliah futsal terbukti meningkatkan daya tarik mahasiswa untuk belajar, dari data ini menunjukkan bahwa kemenarikan penambahan tampilan video, gambar dan animasi memudahkan untuk belajar 89,2%, kemenarikan daya tarik audio (musik, efek suara) dalam produk rancangan pembelajaran futsal berbasis blended learning membantu dalam belajar 89,17%, kemenarikan metode blended learning meningkatkan motivasi dalam belajar 90,83%, kemenarikan metode blended learning meningkatkan keinginan untuk terus belajar 94,2%, metode blended learning menarik untuk dilakukan pada pembelajaran futsal 92,5%. Dengan demikian pembelajaran futsal berbasis blended learning menarik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.