DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model PembelajaranKooperatif Student Team Achievement Division (STAD) VariasiKartuPanggilanTerhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kelas IV SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin

Rina Fitriah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriah, Rina. 2017. ”Pengaruh Model PembelajaranKooperatif Student Team Achievement Division (STAD) VariasiKartuPanggilanTerhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kelas IV SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin”.Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd.Pembimbing II: Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D.

 

Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, pembelajaran kooperatif, STAD, kartu panggilan.

 

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran pada Kurikulum 2013, siswa dituntut lebih aktif mengeksplorasi kemampuan individu pada saat proses pembelajaran. Tugas gurulah yang menjadi fasilitator dan harus pandai memancing agas siswa bisa aktif. Agar siswa bisa aktif, perlu adanya sebuah dorongan untuk bisa aktif dalam proses pembelajaran. Siswa yang berkemampuan lebih baik cenderung mendominasi partisipasi dan kecenderungan siswa pasif di dominasi oleh siswa yang berkemampuan rendah. Variasi pembelajaran yang masih kurang menarik sehingga siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mengangkat keadaan faktual ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Pembelajaran Kooperatif STAD Variasi Kartu panggilan terhadap motivasi dan hasil belajar.

Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (posttest only untuk motivasi belajar dan pretest and posttest untuk hasil belajar). Adapun subjek adalah siswa kelas IV SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin tahun ajaran 2017/2018 pada semester I, dengan jumlah siswa 66 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan tes evaluasi untuk hasil belajar serta lembar observasi guru. Data dianalisis secara kuantitatif deksriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD variasi kartu panggilan berpengaruh terhadap variabel motivasi dan hasil belajar. Berdasarkan hasil uji-t Independent Sample Test untuk motivasi belajar menunjukkan perbedaan signifikan yang ditandai dari p-value < 0.05. Sedangkan untuk hasil belajar menunjukkan perbedaan signifikan yang ditandai dari p-value < 0.05.

Berdasarkan hasil temuan penelitian dan temuan tambahan dalam penelitian ini disarankan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD variasi kartu panggilan dapat menjadi salah satu alternatif dalam memilih dan perancangan pembelajaran yang akan diterapkan di kelas sebagai upaya dalam menciptakan perbaikan, peningkatan motivasi, hasil belajar serta aktivitas siswa serta peningkatan mutu maupun kualitas pembelajaran di sekolah dasar.