DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Kartu untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN Amawang Kiri 3 Kandangan

Alfiati Naimah

Abstrak


ABSTRAK

 

Naimah, Alfiati. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Kartu untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN Amawang Kiri 3 Kandangan. Tesis S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Prof. Dra. Hj. Utami Widiati, M.A., Ph.D. Pembimbing II Prof. Dr. Hj. Ruminiati, M.Si

 

Kata Kunci : Think Pair Share (TPS), media kartu, kerjasama, hasil belajar

 

Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Amawang Kiri 3 Kandangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPA denganmenggunakan model Think Pair Share berbantuan media kartu.

Hasil penelitian pada siklus I pembelajaran 1 menunjukkan aktivitas penerapan model TPS berbantuan media kartu mendapat skor 12 (Cukup Baik), kerjasama siswa 33,12% (Kurang Aktif) dan ketuntasan klasikal hasil belajar 40%. Pada pembelajaran 2 penerapan model TPS berbantuan media kartu dengan skor 13 (Cukup Baik), kerjasama siswa 41,25% (Kurang Aktif) dan ketuntasan klasikal hasil belajar 60%.

Hasil penelitian pada siklus II pembelajaran 1 menunjukkan aktiivtas penerapan model TPS berbantuan media kartu mendapat skor 17 (Baik), kerjasama siswa 50% (Cukup Aktif), dan ketuntasan klasikal hasil belajar 75%. Pada pembelajaran 2 aktivitas penerapan model berbantuan media kartu mendapat skor 20 (Sangat Baik), kerjasama siswa 66,87% (Aktif), dan ketuntasan hasil belajar 95%.

Dari paparan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media kartu dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Amawang Kiri 3 Kandangan. Dari kesimpulan tersebut maka disarankan kepada : (1) Guru hendaknya menggunakan model pembelajaran Think Pair Share(TPS) berbantuan media kartu untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa. (2) Kepala Sekolah hendaknya mensosialisasikan model pembelajaran TPS dengan berbantuan media kartu pada para guru. (3) Bagi peneliti lanjutan hendaknya menggunakan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan serta rujukan untuk melaksanakan penelitian sejenis.