DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PROBLEM BASED INSTRUCTIONVARIASI TALKING STICK

Nor Lila Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Nor Lila. 2017. Penerapan Problem Based Instruction (PBI) variasi Talking   Stick untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kelayan Barat 3. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (1) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd., (2) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si

 

Kata kunci: Penerapan Problem Based Instruction, Talking Stick, berpikir kritis siswa

 

                       Berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan pratindakan dapat diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah dan hasil belajar masih dibawah KKM dikarenakan proses pembelajaran lebih banyak terfokus pada pencapaian aspek kognitif, siswa hanya menerima informasi dan menghafal materi dari guru, pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam memberikan pembelajaran, media pembelajaran yang digunakan berupa gambar yang ada dibuku siswa, sehingga siswa cenderung mengalami kebosanan.

Tujuan penelitian ini untuk (1) meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan (2) meningkakan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kelayan Barat 3 Banjarmasin yang berjumlah 35 siswa. Instrument ini meliputi :1) lembar observasi, 2) tes, dan 3) dokumentasi. Tahapan dalam alur penelitian berupa siklus dengan 3 tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan dan pengamatan, 3) refleksi dan tindak lanjut.

Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada siklus II. Pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah dan hasil belajar siswa dibawah KKM, oleh karena itu perlu dilakukan refleksi pada pertemuan berikutnya agar kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan tindakan yang ditetapkan yaitu dengan memberikan teguran, pemberian point, dan reward dalam pengelolaan kelas.

Hasil pada penelitian tindakan kelas ini yaitu (1) kemampuan berpikir kritis siswa yaitu pada siklus I pembelajaran melalui penerapan PBI variasi Taking Stick mencapai 47% dan di siklus II meningkat sebesar 81%; (2) hasil belajar siswa siklus I melalui penerapan PBI variasi Taking Stick mencapai 49% dan di siklus II meningkat sebesar 81%.

Saran dalam penelitian ini (1) kemampuan berpikir kritis yaitu bagi guru diharapkan dapat memberikan informasi mengenai cara mengingkatkan kemampuan berpikir kritis siswa; bagi peneliti lain, diharapkan dapat membantu memberikan informasi mengenai cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan salah satunya meningatkan kemampuan berpikir kritis siswa; (2) hasil belajar  siswa yaitu diharapkan dapat menambah informasi sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam memilih model pembelajaran dan pembinaan kinerja untuk mengikatkan kualitas guru.