DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PENYULUHAN PERATURAN DAERAH BERBASIS WEB DI KOTA MAKASSAR

A. Nur Indah Pertiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pertiwi, A. Nur Indah. 2017. Pengembangan Media PenyuluhanPeraturan Daerah Berbasis Web Di Kota Makassar.Tesis, Program StudiTeknologiPembelajaran. PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. PunajiSetyosari, M.Pd.,M.Ed., (II) SaidaUlfa, S.T., M.Ed.,Ph.D.

Kata Kunci :Media Penyuluhan,Web, Kota Cerdas.

            Kemajuandalamteknologi modern merupakansalahsatufaktor yang turutmenunjangsebuahusahapembaharuan. Perananteknologi yang begitumenonjolterutamapadamasyarakat di Negara yang berkembang. Pemerintahdanmasyarakatmemberikanperhatiansecaramaksimalterhadapperkembanganteknologi, karenamerekamenyadariperanandanfungsiteknologibagikehidupanmerekasendiri.  SejalandenganituSatpol PP Kota Makassar yang merupakansalahsatuinstansipemerintah, yang mendukung program pemerintahkota Makassar yang akanmenjadikankota Makassar menjadismart city. Konsepsmart city sendiri yang mengetengahkansebuahtatanankota yang memudahkanmasyarakatuntukmendapatkanpelayananinformasipubliksecaracepatdantepat.  Olehkarenaitusalahsatubentukdarirealisasidalammencapai program tersebutdenganmelakukankegiatanpenyuluhan yang berbasisweb.

            Tujuanutamadaripenelitianiniadalahmenghasilkan sebuah media penyuluhan peraturan daerah yang dapat dijadikan sebagai solusi terfasilitasinya penyampaian informasi kepada masyarakat yang berbasis Webyang layak atau valid digunakan sebagai sumber informasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Lee dan Owens (2004). Instrumen penelitian menggunakan angket tanggapan dari ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli materi, serta pengguna.

            Hasil analisis data yang telah dilakukan  pada ahli materi produk yang dikembangkan divalidasi dan didapatkan hasil sebesar 76%, ahli media didapatkan hasil sebesar 91%, ahli desain didapatkan hasil sebesar 87%, hasil uji coba perorangan sebanyak 3 orang didapatkan hasil 79%, uji coba kelompok kecil sebanyak 9 orang didapatkan hasil 78%, dan uji coba lapangan sebanyak 30 orang didapatkan hasil 90%.

            Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  produk pengembangan media penyuluhan perda berbasis web telah memenuhi kriteria valid dan layak untuk menjadi alternatif sumber informasi yang dapat digunakan dalam kegiatan penyuluhan.